Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Panama merangkap Nikaragua Sukmo Harsono pada Senin (25/1) menyerahkan salinan surat kepercayaan kepada Menlu Nikaragua Denis Moncada secara virtual karena kondisi pandemi COVID-19.

Dubes RI Sukmo Harsono menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Nikaragua melalui Menlu Nikaragua, dan juga dari Menlu RI kepada Menlu Nikaragua, menurut keterangan KBRI Panama City yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada pertemuan virtual itu, Dubes Sukmo menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Nikaragua kepada Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi sebagai Co-Chair COVAX Advanced Market Commitment (AMC) Engagement Group.

Baca juga: KBRI adakan Lokakarya Bambu Indonesia di Panama
Baca juga: RI jajaki perluasan produk Indonesia di Amerika Latin dan Karibia


Dubes Sukmo juga menyampaikan ucapan simpati dan belasungkawa atas dampak badai ETA dan IOTA di Nikaragua.

Selanjutnya, Menlu Nikaragua menyampaikan pesan turut berduka cita dari Presiden Nikaragua atas musibah gempa yang terjadi di Sulawesi Barat.

Pada kesempatan itu, Dubes RI dan Menlu Nikaragua sepakat untuk terus meningkatkan hubungan dagang dan investasi yang saat ini masih rendah agar terus meningkat pada tahun-tahun yang akan datang.

Selain itu, Menlu Nikaragua mengharapkan adanya timbal balik atas prinsip penghormatan dan tidak mencampuri (non-interference) atas urusan dalam negeri suatu negara, sebagaimana dilakukan selama ini oleh pemerintah Nikaragua.

Menlu Nikaragua juga menyebutkan akan berkunjung ke Indonesia setelah situasi pandemi COVID-19 dianggap cukup terkendali.

Dengan telah diterimanya salinan surat kepercayaan itu, Presiden Nikaragua melalui Menlunya menyatakan Dubes RI sudah bisa bekerja sepenuhnya di wilayah Nikaragua untuk kepentingan dagang, politik dan hubungan internasional yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

Baca juga: Kemlu tingkatkan hubungan diplomatik dengan Nikaragua
Baca juga: Presiden Nikaragua kembali muncul setelah sebulan tak terlihat

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021