Jakarta (ANTARA) - Personel grup idola K-pop WINNER, Kang Seung Yoon, akan merilis album studio solo pada bulan Maret tahun ini.

"Kang Seung Yoon akan merilis album lengkap solo pertamanya pada bulan Maret. Saat ini, dia telah selesai merekam semua lagu di album dan sedang mempersiapkan untuk merekam video musik untuk lagu utamanya bulan depan," kata agensi YG Entertainment, dikutip dari Soompi, Rabu.

Ini akan menjadi comeback pertama Kang Seung Yoon sebagai artis solo dalam delapan tahun. Sebelum dia bergabung dengan WINNER, dia berkompetisi di “Superstar K2” dan memulai debutnya dengan lagu “It Rains” pada Juli 2013 sebagai artis solo.

"It Rains" sendiri berhasil menguasai tangga lagu musik pada saat itu, dan dia kemudian merilis single solo lainnya seperti "Wild and Young" dan "Stealer."

WINNER sendiri memulai debutnya sebagai grup pada Agustus 2014.

Baca juga: WINNER akan vakum setelah luncurkan album ketiga

Baca juga: WINNER makan malam bareng jelang Jin-woo wajib militer


Kang Seung Yoon berpartisipasi dalam menulis, membuat, dan memproduksi semua lagu di album studio pertamanya dan bahkan berpartisipasi dalam produksi video musiknya yang akan datang.

Berita baik dari WINNER tak berhenti di album solo Yoon saja. Di hari yang sama, Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA) mengumumkan bahwa Yoon dan anggota WINNER lainnya, Song Mino, terpilih sebagai penulis lagu yang telah dipromosikan menjadi anggota penuh tahun ini.
Kang Seung Yoon dan Mino WINNER. (Twitter/official_yoon_)


KOMCA sendiri adalah kumpulan hak cipta nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan budaya musik di Korea melalui perlindungan hak kekayaan intelektual pemegang hak cipta sambil memastikan kemudahan penggunaan bagi pendengar.

Didirikan pada tahun 1964, organisasi ini memiliki basis data karya berhak cipta dan pemegang kekayaan intelektualnya.

Setiap pemegang hak cipta dapat bergabung dengan KOMCA sebagai "anggota junior", tetapi dewan direksi hanya memilih 25 anggota junior setiap tahun untuk dipromosikan ke status "anggota penuh".

Sebanyak 22 anggota dipilih dari kategori mainstream, sedangkan tiga sisanya dipilih dari kategori non-mainstream.

Menjadi anggota penuh KOMCA memberi artis hak untuk memberikan suara pada rapat umum organisasi.

Selain Yoon dan Mino, Sunwoo JungA, Changmo, Loco, Roy Kim, Maktub, dan lainnya juga dipromosikan menjadi anggota penuh KOMCA.

Tahun lalu, artis yang menjadi anggota penuh KOMCA termasuk RM dan J-Hope BTS, Paul Kim, Jay Park, Giriboy, dan banyak lagi.

Baca juga: Ada kenangan di Bali dalam album "Take" Mino WINNER

Baca juga: Mino WINNER dan Kim Junsu bakal "comeback"

Baca juga: Seung-hoon WINNER akan wamil, janji jaga kesehatan

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021