Ganjar dukung tekad Kapolri baru jadikan polisi lebih humanis

Ganjar dukung tekad Kapolri baru jadikan polisi lebih humanis

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng.

Kalau di Jateng, ada Mas Bhabin.
Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung tekad Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang akan menjadikan polisi sebagai sosok penegak hukum yang tegas namun tetap humanis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya mendukung tekad Kapolri menjadikan Polri lebih humanis. Selamat kepada Pak Kapolri baru, Pak Listyo Sigit, mudah-mudahan bisa membawa amanah ini dengan sangat baik," kata Ganjar di Semarang, Rabu.

Ganjar mengaku mengikuti proses fit and proper test  Listyo Sigit Prabowo di Komisi III DPR RI.

Ia mendukung penuh visi dan misi yang bersangkutan, terutama tentang perubahan sistem tilang yang tidak lagi secara langsung.

Baca juga: Listyo Sigit akan bantu Pemerintah kawal pertumbuhan ekonomi nasional

"Saya mengikuti dan bagus, jadi mulai yang lebih praktis tilang dihilangkan yang sifatnya langsung dari polisi maka digantikan elektronik, bahkan Dirlantas Polda Jateng sudah mendahului paparan kepada saya untuk melaksanakan, saya kira bagus," ujarnya.

Menurut Ganjar, pendekatan persuasif yang ditekankan oleh Kapolri Listyo Sigit juga akan membawa Polri ke arah yang lebih baik didukung dengan sumber daya manusia yang elegan.

"Pendekatan-pendekatan persuasif lebih diutamakan, saya kira itu bagus sehingga potensi-potensi dari SDM Polri yang selama ini sudah cukup elegan. Kalau di Jateng, ada Mas Bhabin, kemudian yang lantas itu bisa main dengan anak-anak tentu itu cara yang elegan," katanya.

Terlepas dari itu, Ganjar menyampaikan sukacitanya atas pelantikan Kapolri baru dan berharap Kapolri Listyo Sigit dapat memimpin reformasi besar-besaran di tubuh Polri.

"Mudah-mudahan jauh lebih baik dan terjadi reformasi besar di tubuh kepolisian, wabil khusus dalam pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

Seperti diwartakan, Presiden Joko Widodo melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia sekaligus menaikkan pangkatnya menjadi jenderal polisi di Istana Negara Jakarta, Rabu (27/1).

Pengangkatan Listyo tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 Polri Tahun 2021 yang ditetapkan pada tanggal 25 Januari 2021, sedangkan kenaikan pangkat berdasarkan Keputusan Presiden No. 7 Polri Tahun 2021 tertanggal 27 Januari 2021.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BP2MI dorong pemda tingkatkan kualitas PMI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar