Armada baru ASDP dijadwalkan beroperasi pekan depan

Armada baru ASDP dijadwalkan beroperasi pekan depan

Dok. Sejumlah unit kapal Ferry berlabuh di pelabuhan Bolok, Kupang, NTT Senin (13/1/2020). PT. ASDP Indonesia Ferry menuutup semua rute penyeberangan di seluruh wilayah NTT menyusul adanya peringatan cuaca ekstrem dari BMKG yang diperkirakan sampai dengan dengan 15 Januari 2020.ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Kupang (ANTARA) - PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Kupang menjadwalkan pelayaran perdana KMP Jatra I yang baru tiba di Kupang akan dilakukan pekan depan.

"Sudah tiba kemarin kapalnya. Kalau tidak ada halangan kami jadwalkan akan mulai beroperasi pada pekan depan," kata General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang Cuk Priyatno kepada ANTARA di Kupang, Rabu.

Ia mengatakan hal tersebut berkaitan dengan kedatangan armada baru milik PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang KMP Jatra I yang baru tiba pada Selasa (26/1) kemarin.

Kedatangan kapal tersebut  akan sangat membantu melayani masyarakat di Nusa Tenggara Timur, pasalnya kapal tersebut mampu melewati gelombang setinggi 4 meter saat cuaca buruk.

"KMP Jatra 1 mampu melintasi perairan dengan gelombang sampai dengan empat meter sehingga kami yakin kedatangan kapal ini mampu mengatasi kendala cuaca buruk yang sering terjadi selama ini," tambah dia.

Terkait spesifikasi kapal yang akan datang itu, Priyatno mengatakan KMP Jatra 1 memiliki bobot 3.871 Gross Tonnage, dengan panjang 88.7 meter, lebar 15,6 meter tinggi cardeck 4 meter memiliki 2 cardeck.

"Diantaranya roda dua 100 unit, roda empat 84 unit dan penumpang 770 orang," katanya.

Dengan adanya tambahan kapal itu maka dipastikan saat ini ASDP Cabang Kupang sudah memiliki 10 kapal penyeberangan yang melayani seluruh wilayah kepulauan di NTT.

Ia mengatakan bahwa saat ini beberapa rute pelayaran di NTT kembali ditutup karena memang cuaca buruk sedang melanda perairan NTT dan gelombang berkisar dari 2-3 meter.

"Hal ini membahayakan keselamatan pelayaran di wilayah ini," ujar dia.***1***

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar