Liga Inggris

Burnley lanjutkan tren positif saat jungkalkan Aston Villa

Burnley lanjutkan tren positif saat jungkalkan Aston Villa

Penyerang Burnley Chris Wood merayakan golnya yang membalikkan keadaan atas Aston Villa dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Burnley, Inggris, Rabu (27/1/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Molly Darlington)

Jakarta (ANTARA) - Burnley melanjutkan tren positifnya saat menjungkalkan Aston Villa 3-2 dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Rabu waktu setempat.

Ini kemenangan beruntun pertama Burnley musim ini menyusul keberhasilannya menjadi tim pertama yang mengalahkan Liverpool di Anfield dalam pertandingan Liga Inggris setelah hampir empat tahun lamanya.

Kendati meraih tiga kemenangan dalam lima pertandingan terakhirnya, Burnley tak beranjak dari urutan ke-15 tetapi memperlebar jarak dari zona degradasi menjadi sembilan poin berkat koleksi 22 poin.

Sedangkan Villa (29) yang menelan kekalahan ketiga dalam lima penampilan terakhir melorot ke urutan ke-10, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Sean Dyche yakin Burnley dalam posisi bagus lakoni paruh kedua musim

Villa mengawali pertandingan dengan baik dan membuka keunggulan pada menit ke-13 saat Ollie Watkins melanjutkan tren suburnya dengan menyelesaikan umpan silang kiriman Matt Targett untuk memperdaya kiper Nick Pope.

Sayang, Villa gagal memanfaatkan tak kurang dari lima peluang menambah keunggulan yang mereka dapatkan hingga menjelang turun minum, termasuk sambaran Ross Barkley atas bola muntah hasil tembakan Watkins yang membentur mistar gawang pada menit ke-41.

Villa kembali mengancam pada awal babak kedua melalui tembakan John McGinn pada menit ke-49, tetapi Pope mengamankan gawang tuan rumah dari ancaman itu.

Tiga menit berselang, justru Burnley menyamakan kedudukan yang diawali sepak pojok ketika Ben Mee menanduk bola untuk memperdaya kiper Emiliano Martinez.

Villa memulihkan keunggulannya pada menit ke-68 saat sang kapten Jack Grealish menyelesaikan umpan silang Douglas Luiz untuk membuat kedudukan menjadi 2-1 atas Burnley.

Baca juga: Burnley runtuhkan keangkeran Anfield kala paceklik Liverpool berlanjut

Namun, Burnley bangkit pada periode akhir laga menduplikasi penampilan serupa yang diperlihatkan ketika mengalahkan Liverpool.

Pada menit ke-76, Dwight McNeil lebih dulu membuat kedudukan imbang ketika umpan silangnya melewati semua orang bahkan mengecoh semua orang di dalam kotak penalti termasuk Martinez hingga melesak ke dalam gawang.

Tiga menit kemudian Burnley membalikkan keadaan sepenuhnya saat umpan McNeil diselesaikan oleh Chris Wood untuk membuat tuan rumah berbalik memimpin 3-2.

Sejak itu, seperti di Anfield, Burnley tampil percaya diri dan mampu menggalang koordinasi pertahanan nan disiplin demi menjaga keunggulan mereka hingga peluit tanda laga usai terdengar.

Burnley akan berusaha menjaga tren positif ketika melawat ke Chelsea Minggu pekan ini mengingat lawannya tentu masih dalam periode adaptasi dengan manajer baru Thomas Tuchel.

Sedangkan Villa bermain sehari sebelumnya dalam laga tandang menghadapi Southampton di St. Mary's.

Baca juga: Tuchel cuma bisa 0-0 dalam debutnya tangani Chelsea
Baca juga: Martin Odegaard resmi gabung Arsenal
Baca juga: Manchester City ke pucuk lagi seusai cukur West Brom 5-0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar