Jakarta (ANTARA) - Produser, aktor, dan investor Robert Downey Jr. mengumumkan peluncuran FootPrint Coalition Ventures, serangkaian dana VC (venture capital) yang dibuka untuk umum dengan misi berinvestasi di perusahaan yang mengembangkan solusi untuk mengatasi masalah lingkungan.

Dilansir Variety pada Kamis, Downey Jr. membuat pengumuman ini dalam acara Davos Agenda Forum Ekonomi Dunia pada Rabu (27/1) waktu setempat.

Downey Jr., yang dalam film-film "Avengers" memerankan miliarder Tony Stark dan Iron Man ini, pertama kali mengungkapkan ambisinya untuk memanfaatkan teknologi guna menyelamatkan lingkungan pada dua tahun lalu dengan Footprint Coalition.

"Saya ingin menyesuaikan diri dan muncul untuk kesempatan ini. Saya percaya pada pemecahan masalah secara kreatif," kata Downey Jr..

Downey Jr. mengatakan bahwa ancaman lingkungan yang dihadapi planet ini sebagai krisis eksistensial global. Menurutnya, untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan banyak perusahaan baru yang bekerja untuk mencari solusi daripada bergantung pada segelintir perusahaan besar elit.

Downey Jr. menambahkan bahwa dia secara pribadi berinvestasi dalam dana VC, menyumbang setidaknya 10 persen dari masing-masing dua dana awal perusahaan (hingga total 1,5 juta dolar AS per tahun).

Menyinggung karir filmnya, Downey Jr. berkata, "Saya tidak menyangka berada di posisi keuangan seperti saat ini... Ini adalah perkembangan logis dari aktor bergenre semi-pensiunan yang mendalami thriller teknologi."

Dana bergulir FootPrint Coalition Ventures dapat diakses oleh investor yang memenuhi syarat dan terakreditasi melalui kemitraan dengan platform investasi rintisan AngelList.

Untuk mempromosikan upayanya ini, firma VC akan memanfaatkan tim kreatif Downey Jr. dan media sosialnya yang memiliki 100 juta pengikut.

Tujuannya adalah menerjemahkan konsep ilmiah menjadi informasi yang dapat diakses untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

"Kami ingin mengubah subjek yang kompleks menjadi konten yang menentukan budaya, dan menawarkan kesempatan kepada audiens untuk berinvestasi bersama kami," kata Downey Jr.

FootPrint Coalition Ventures dipimpin oleh investor dan pengusaha teknologi veteran Jonathan Schulhof, mantan mitra pengelola di GTI Capital Group, dan Steve Levin, yang ikut mendirikan perusahaan pengembangan dan produksi Team Downey dan Downey Ventures, yang berfokus pada investasi media dan teknologi.


Baca juga: Robert Downey Jr pindah haluan ke komik DC

Baca juga: "Dolittle", film memikat untuk semua umur

Baca juga: Pemeran "Avengers" reuni virtual lewat Kids Choice Awards 2020

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021