Festival Film Cannes tahun ini ditunda

Festival Film Cannes tahun ini ditunda

Ilustrasi - Festival Film Cannes. ANTARA/Reuters.

Jakarta (ANTARA) - Festival Film Cannes edisi 2021 akan ditunda hingga Juli akibat pandemi virus corona, kata penyelenggara, Rabu.

Festival tahun 2020 dibatalkan dan diganti dengan acara yang lebih kecil pada Oktober, menampilkan film-film pendek tapi tanpa kehadiran bintang film, sutradara dan produser papan atas.

Dilansir Reuters, festival tahun 2021 akan digelar pada 6-17 Juli 2021, dua bulan lebih lama dari rencana sebelumnya.

Pada Oktober lalu, versi mini Festival Film Cannes hanya berlangsung selama tiga hari, 27-29 Oktober, dan menampilkan empat film dari Pilihan Resmi tahun 2020, film pendek juga film sekolah Cinefondation.

Festival mini itu dibuka dengan "Un triomphe" (The Big Hit!) Oleh Emmanuel Courcol, yang dihadiri oleh bintang Kad Merad bersama dengan pemeran dan kru lainnya.

Acara tersebut ditutup dengan "Les Deux Alfred" (The French Tech) dari Bruno Podalydès, dengan sutradara yang hadir bersama dengan aktor utama Sandrine Kiberlain.

Ada juga pemutaran film "Asa Ga Kuru" (True Mothers) oleh sutradara asal Jepang yang secara reguler mengikuti Cannes, Naomi Kawase.

Para bintang Hollywood biasanya berduyun-duyun mendatangi Cannes dalam acara besar di industri film. Namun kota yang dikelilingi pohon palem itu kini jadi adem ayem sejak muncul wabah virus corona. Banyak hotel mewah yang ditutup, begitu juga restoran dan bar.




Baca juga: Sutradara "Parasite" Bong Joon Ho pimpin juri di Festival film Venesia

Baca juga: Sederet festival film yang hadir secara "hybrid" di tahun 2020

Baca juga: Tantangan dan kiat festival film bertransisi ke ranah digital

   

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar