Pemprov Jambi targetkan investasi masuk Rp6 triliun pada 2021

Pemprov Jambi targetkan investasi masuk Rp6 triliun pada 2021

Foto udara kawasan industri Talang Duku di tepi Sungai Batanghari, Muarojambi, Jambi, Rabu (20/1/2021). Kawasan yang saat ini tumbuh sebagai tempat penampungan sementara produk ekspor hasil pertambangan, perkebunan, dan dibangun memanjang di tepi Sungai Batanghari tersebut akan dikembangkan sebagai kawasan industri yang terintegrasi dengan Pelabuhan Talang Duku, Muarojambi di bagian hulu dan Pelabuhan Ujung Jabung, Tanjungjabung Timur di bagian hilir. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/foc.

Kita memfokuskan investasi pada hilirisasi produk unggulan kita. Yang kedua yang ingin kita fokuskan lagi di tahun 2021 adalah industri pariwisata, karena ini modalnya sedikit, keterlibatan masyarakat cukup besar. Nah ini yang perlu kita dorong
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jambi menargetkan investasi masuk sebesar Rp6 triliun pada tahun ini dengan fokus pada sektor hilirisasi produk unggulan dan pariwisata karena sektor tersebut mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Jambi Imron Rosyadi di Jambi, Kamis, menjelaskan target investasi sebesar Rp6 triliun itu terdiri dari Rp4,4 triliun melalui Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDM) dan Rp1,6 triliun melalui Penanaman Modal Asing (PMA). Berbagai strategi pun terus dilakukan Pemprov Jambi dalam upaya menarik minat investor untuk berinvestasi.

"Kita memfokuskan investasi pada hilirisasi produk unggulan kita. Yang kedua yang ingin kita fokuskan lagi di tahun 2021 adalah industri pariwisata, karena ini modalnya sedikit, keterlibatan masyarakat cukup besar. Nah ini yang perlu kita dorong," kata Imron.

Dijelaskannya, investasi pada sektor hilirisasi produk unggulan yakni mendorong terbangunnya pabrik-pabrik, ataupun industri-industri karena nilai tambahnya akan cukup besar dan penyerapan tenaga kerja juga semakin besar. Begitu juga dengan sektor pariwisata.

Selain itu, Pemprov Jambi juga mendorong berkembangnya UMKM karena sesuai amanah daripada Undang-undang Cipta Kerja no 11 tahun 2020, perusahaan besar itu harus bermitra dengan UMKM dan koperasi. Hal itulah yang membuat pihaknya optimistis target investasi tahun ini bisa tercapai.

Ia berharap target investasi tersebut bisa tercapai dengan kondisi-kondisi yang berkembang, terutama dengan adanya vaksin COVID-19 dan sudah memasyarakatnya new normal dalam prilaku kehidupan sehari-hari, sebab itu sangat mendorong minat para investor untuk menanamkan modalnya di Provinsi Jambi.

Imron mengatakan, strategi untuk mencapai target tersebut salah satunya yakni menjaga iklim investasi di Provinsi Jambi melalui kemudahan-kemudahan perizinan perusahaan ataupun investor.

"Apalagi di tahun 2021 ini semuanya pelayanan sudah online, sudah OSS, jadi semua pelaku usaha baik itu UMKM, pelaku-pelaku usaha lainnya, ini tidak perlu lagi datang ke kantor penanaman modal dan pelayanan perizinan, mereka bisa melakukan proses perizinan dari kantor-kantor mereka atau dari rumah. Dan kami siap melakukan pendampingan ketika pelaku-pelaku usaha ini termasuk UMKM belum bisa melakukan konektivitas dengan OSS, kami siap membantu pelaku usaha ketika mengalami kendala menggunakan atau memanfaatkan fasilitas OSS tersebut," katanya.

Kemudian dalam upaya meningkatkan investasi di Provinsi Jambi, pihaknya juga memfokuskan kepada proyek-proyek investasi yang realisasinya masih di bawah 25 persen.

"Artinya seperti ini, si investor sudah melakukan perencanaannya di Provinsi Jambi dan sudah siap modal, namun mereka baru mampu merealisasikn sekitar 25 persen, nah ini kita cari di mana kendala mereka, apakah di lahan apakah di izin dan segala macam, nah ini kita percepat sehingga mereka dapat merealisasikan usaha mereka dengan cepat sehingga lebih cepat perekonomian kita bergulir dan lebih banyak lagi tenaga kerja yang diserap," ujarnya.

Terakhir,  katanya, pihaknya juga terus melakukan promosi investasi melalui media digital, untuk menjawab tantangan di era pandemi.

Baca juga: Jambi siapkan lokasi strategis untuk investasi properti

Baca juga: Perusahaan Hongkong tertarik investasi di Pelabuhan Ujung Jabung Jambi

 

Pewarta: Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Candi Muara Jambi segera ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya Provinsi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar