Tak perlu pikir ulang, segera dapatkan Samsung A12 seharga 2 jutaan

Tak perlu pikir ulang, segera dapatkan Samsung A12 seharga 2 jutaan

Samsung Galaxy A12. ANTARA/samsung.com/pri.

Jakarta (ANTARA) - Sebagai salah satu kebutuhan manusia modern, produsen smartphone makin berlomba-lomba untuk merilis smartphone berkualitas dengan harga terjangkau salah satunya Samsung A12. Brand smartphone yang berasal dari negeri Ginseng ini menyediakan beragam pilihan produk mulai dari kelas entry hingga flagship. Pastinya dapat membuat Anda lebih mudah memilih manakah yang sesuai dengan kebutuhan serta isi dompet.
 
Smartphone yang rilis sejak 2020 ini memiliki spesifikasi yang tak kalah menarik dari keluaran sebelumnya. Desainnya yang elegan pastinya juga mampu menarik banyak pembeli untuk segera memilikinya. Jika Anda tertarik dengan smartphone ini dan berencana untuk membelinya sebaiknya baca dulu spesifikasi serta perbandingannya dengan versi Samsung sebelumnya.
 
1. Tampilan dan Display
 
Display yang diberikan Samsung untuk smartphone ini berukuran 6.5 inci dengan jenis layar Infinity-V Display. Ukuran layar yang lebar ini didukung dengan panel TFT yang beresolusi HD+. Smartphone berbobot 205.8 gram ini didukung dengan case berbahan plastik dengan ukuran 164 x 75.8 x 8.9 mm.
 
Bahan plastik yang dipakai untuk smartphone ini tidak licin serta tak perlu khawatir akan mudah membekas sidik jari. Jika Anda suka streaming film, smartphone ini juga sudah mendukung Widevine L1 sehingga Anda bisa nonton di aplikasi streaming dengan kualitas HD.
 
2. Dukungan Performa
 
Dapur pacu Samsung A12 ini didukung oleh Octa Core dengan clock speed 2.3 GHz dan 1.8 GHz serta chipset Mediatek MT6765 Helio P35. Dengan dukungan chipset yang memiliki fabrikasi 12 nm, smartphone satu ini sudah mendukung teknologi penghematan daya.
 
Untuk ukuran RAM-nya terdapat 3 pilihan yaitu 3, 4 dan 6 GB dan didukung dengan ukuran memori mulai dari 32, 64 hingga 128 GB. Namun, jika Anda merasa ukuran memori ini kurang besar bisa langsung menambahkan memori eksternal hingga ukuran 1 TB.
 
3. Kamera
 
Kamera belakang smartphone ini terdiri dari 4 lensa yang mana kamera utamanya menggunakan resolusi 48 MP. Lensa kedua menggunakan resolusi 5 MP dan merupakan lensa ultrawide. Sementara untuk dua lensa lainnya merupakan lensa yang dipakai untuk kebutuhan memotret depth sensor dan macro dengan resolusi 2 MP.
 
Dengan kualitas kamera tersebut, Anda bisa melakukan perekaman video yang menghasilkan kualitas Full HD. Untuk kamera depannya didukung dengan resolusi 8 MP yang juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas Full HD. Terdapat beberapa fitur lain yang disematkan pada kamera smartphone ini seperti Autofocus, Live Focus, Panorama, HDR, dan lainnya.
 
4. Kapasitas Baterai dan Konektivitas
 
Smartphone satu ini didukung dengan kualitas baterai hingga 5000 mAh yang mana bisa membuat Anda puas menggunakannya. Selain kapasitas baterainya besar, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging 15 Watt yang membutuhkan waktu 2 jam untuk membuat baterainya penuh kembali.
 
Dengan waktu 2 jam pengisian daya, smartphone ini bisa bertahan selama seharian. Untuk bagian konektivitasnya didukung dengan dual SIM card dengan akses jaringan hingga 4G, Wi-Fi, Bluetooth, USB type-C, dan GPS.
 
Perbandingan Samsung A12 dan Samsung A21s
 
Sama-sama ditujukan untuk pengguna di kelas entry level, antara Samsung A12 dan Samsung A21s pastinya dibekali dengan spesifikasi yang berbeda. Samsung A21s sendiri sudah rilis sebelum Samsung A12, namun keduanya dijual dengan rentang harga yang sama yaitu 2 jutaan. Nah, bagi Anda yang sedang dilema harus memilih mana di antara kedua smartphone tersebut langsung simak perbandingan keduanya di bawah ini.
 
• Desain
 
Dimulai dari desainnya, Samsung A12 ini menempatkan kamera depannya di bagian tengah atas atau yang disebut sebagai desain Infinity-V sementara untuk Samsung A21s ini menempatkan kamera depan di bagian sudut kiri atas atau yang disebut sebagai desain Infinity-O. Secara fisik, kedua smartphone ini juga hanya memiliki sedikit perbedaan. Samsung A12 memiliki panjang 164 mm, lebar 75.8 mm, dan ketebalan 8.9 mm.
Sementara Samsung A21s memiliki panjang 163.7 mm, lebarnya 75.3 mm, dan ketebalannya 8.9 mm. Selain ukurannya lebih besar, ternyata Samsung A12 juga lebih berat yaitu 205 gram dan Samsung A21s hanya 192 gram. Di bagian jenis bahan yang dipakai, keduanya sama-sama memakai kombinasi dari plastic frame, glass front, dan plastic back.
 
• Layar
 
Tipe layar yang dipakai pada kedua seri smartphone Samsung ini sama yaitu PLS IPS, bahkan ukurannya pun sama yaitu 6.5 inci. Namun, walaupun ukuran layarnya sama ternyata pengaruh desain smartphone ini membuat luas serta rasionya berbeda. Dalam ukuran layar, ternyata Samsung A12 lebih lebar karena luas layarnya adalah 106.7 cm persegi dengan ratio-nya ~85.8 persen.
 
Sementara untuk Samsung A21s luas layarnya hanya 102.0 cm persegi dan rasio-nya ~82.8 persen. Dari sini dapat disimpulkan bahwa bezel yang dipakai pada Samsung A12 lebih tipis daripada yang dipakai Samsung A21s. Di bagian resolusi, keduanya menggunakan ukuran yang sama yaitu 720 x 1600 piksel dengan rasio mencapai 20:9.
 
Akan tetapi, walaupun resolusi dan rasio-nya sama ternyata kepadatan kedua tips smartphone ini berbeda dimana Samsung A12 memiliki kepadatan ~270 ppi density dan hanya berbeda 6 poin saja untuk Samsung A21s memiliki kepadatan ~264 ppi density.
 
• Perilisan
 
Samsung merilis kedua smartphone ini di tahun yang sama yaitu pada tahun 2020 hanya berbeda tanggal dan bulan saja. Samsung A21s rilis lebih awal yaitu pada 15 Mei 2020 kemudian enam bulan kemudian tepatnya pada 24 November 2020, Samsung A12 rilis. Nah, dikarenakan kedua smartphone ini rilis di tahun yang sama sehingga sistem operasi yang disematkan pada keduanya juga sama yaitu Android 10 atau Android Q.
 
Sebagai smartphone yang dirilis lebih akhir, Samsung A12 ternyata dibekali dengan kapasitas memori tambahan yang lebih besar yang mencapai 1 TB sementara A21s 512 GB. Di bagian RAM, Samsung A12 memiliki 3 pilihan yaitu 3, 4, dan 6GB dengan 3 pilihan ukuran memori internal yaitu 32, 64, dan 128 GB. Sementara itu, untuk Samsung A21s tersedia dua varian RAM dan memori internal yaitu 3 dan 6GB untuk RAM dan 32 dan 64GB untuk memori internal.
 
• Kualitas Kamera, Chipset, dan Grafis
 
Seperti yang sudah banyak smartphone masa kini miliki, antara Samsung A21s dan Samsung A12 menggunakan quad camera yang mana menggunakan 4 lensa kamera di kamera belakang. Untuk ketiga lensanya, dua seri smartphone ini menggunakan resolusi yang sama yaitu lensa utama menggunakan resolusi 48MP, lensa macro dan depth sensor menggunakan resolusi 2 MP.
 
Nah, yang membedakan adalah bagian lensa ultrawide yang mana kali ini A21s lebih unggul karena menggunakan resolusi 8MP sementara A12 hanya 5MP. Tak hanya itu, resolusi kamera depannya pun lebih unggul A21s karena menggunakan resolusi sebesar 13MP dan A12 hanya sebesar 8MP.
 
Sementara untuk bagian otak smartphone ini didukung dengan jenis yang berbeda dimana Samsung A12 menggunakan Mediatek MT6765 Helio P35 sementara A21s menggunakan Exynos 850. Untuk pendukung grafisnya menggunakan GPU PowerVR pada Samsung A12 dan GPU Mali-G52 pada pendahulunya dan untuk CPU-nya sama-sama menggunakan Octa-core.
 
• Konektivitas Pendukung dan Sensor
 
Dua seri smartphone keluaran Samsung ini sama-sama memakai audio jack berukuran 3.5 mm, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth, hotspot, A2DP, dan LE. Sementara itu, sensor kedua smartphone sebenarnya menggunakan jenis yang sama yaitu sidik jari dan pengenal wajah. Lalu apa yang membedakan keduanya?
 
Perbedaan sensor keduanya hanya pada penempatannya saja dimana untuk Samsung A12 sensornya diletakkan pada bagian samping smartphone yang membuat Anda lebih mudah menjangkaunya dan untuk A21s masih berada di bagian belakang smartphone. Untuk SIM Card-nya, kedua smartphone ini sama-sama mendukung penggunaan dual SIM Card dengan ukuran nano.
 
Cara Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak
 
Benda kesayangan yang bisa tahan lama hingga beberapa tahun pastinya menjadi hal yang sangat menguntungkan, bukan? Dengan memiliki benda yang tahan lama seperti ini maka Anda bisa memanfaatkan simpanan uang yang Anda miliki untuk membeli hal lain. Nah, jika Anda ingin smartphone yang dimiliki tahan lama sebaiknya ikuti tips-nya di bawah ini.
 
• Merawat Bagian Layarnya
 
Sebagai salah satu komponen yang cukup sering mengalami kerusakan, Anda harus melakukan perlindungan sejak pertama kali membeli smartphone. Perlindungan yang diberikan bisa dilakukan dengan memberikan peranti anti gores dengan kualitas terbaik sebagai pelindung layar smartphone Anda dari gesekan maupun benturan yang berpotensi merusak layar smartphone.
 
Selain itu, hindari mendekatkan smartphone Anda pada benda-benda yang memiliki muatan magnet seperti televisi, radio atau lainnya. Saat menekan layar smartphone, jangan sampai menggunakan kuku karena bisa menyebabkan goresan pada layar sehingga menyebabkan penurunan kualitas ir remote-nya.
 
• Merawat Bagian Bodinya
 
Untuk melakukan perawatan di bagian bodi smartphone bisa dilakukan dengan cara menggunakan case tambahan yang biasanya berupa softcase atau hardcase. Namun sebaiknya Anda menggunakan softcase karena case jenis ini menggunakan bahan yang mampu meredam benturan dengan baik. Jangan lupa untuk membersihkan smartphone Anda secara rutin menggunakan softcutton. Saat membersihkan smartphone Anda sebaiknya lakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan goresan pada smartphone.
 
• Lakukan Perawatan Bagian Software
 
Kerusakan pada software smartphone biasanya akan berdampak langsung pada smartphone bahkan hingga membuat smartphone tidak bisa dipakai. Nah, biasanya kerusakan software ini disebabkan oleh kemunculan virus sehingga untuk mencegahnya sebaiknya pasanglah antivirus yang bisa Anda unduh dari Play Store. Namun, saat mengunduh aplikasi Anda pun harus cermat agar bisa mendapatkan aplikasi yang terpercaya dan benar-benar aman.
 
• Menjaga Baterai Smartphone
 
Sebagai bagian pada smartphone yang membuatnya bisa hidup, pastinya kamu juga harus merawatnya dengan baik. Cara merawat baterai smartphone ini bisa dilakukan dengan menggunakan charger orisinal bawaan. Dimana charger tersebut memang sudah didesain untuk smartphone Anda karena biasanya kerusakan disebabkan charger yang dipakai tidak sesuai untuk HP Anda.
 
Nah, itulah spesifikasi Samsung A12 yang bisa Anda gunakan untuk referensi memilih smartphone baru. Dengan segala kemampuan dan spesifikasi mumpuni yang disematkan pada smartphone ini pastinya sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi, ayo segera dapatkan smartphone berkualitas dengan harga yang aman di dompet ini untuk mendukung pekerjaan Anda. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar