Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan program 100 hari-nya dalam acara Commander Wish Kapolri yang dilaksanakan pada Kamis.

"Program 100 hari pertama Kapolri, masih dirumuskan dalam Commander Wish," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divhumas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan di Kantor Divisi Humas Polri, Jakarta, Kamis.

Poin-poin program 100 hari Kapolri ini selanjutnya menjadi pedoman bagi kinerja jajaran Polri, baik di tingkat pusat maupun di kewilayahan menuju Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi).

"Nantinya akan diterapkan pada masing-masing satuan kerja Polri. Program prioritas tersebut akan diterapkan melalui rencana aksi masing-masing satker. Salah satunya Polri akan merubah bentuk pelayanan yang transparan di Polsek, akan dilakukan penyelesaian kasus-kasus yang menjadi perhatian publik," tutur Ramadhan.

Baca juga: Jenderal Idham Azis serahkan Panji Polri Tribrata ke Jenderal Sigit

Baca juga: Listyo Sigit akan bantu Pemerintah kawal pertumbuhan ekonomi nasional


Salah satu yang ditekankan Kapolri Sigit adalah pelayanan Polri yang menitikberatkan pada kemudahan, cepat, transparan, terjangkau dan humanis. Kemudian anggota Polri harus responsif, misalnya dalam menangani laporan dari masyarakat.

Acara Commander Wish Kapolri ini diikuti para pejabat utama Mabes Polri, 34 Kapolda jajaran dan para Kasatwil di wilayah via konferensi video.

Transformasi menuju Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) ini sebelumnya disampaikan Sigit saat menjalani fit and proper test calon Kapolri di DPR beberapa waktu lalu.

Konsep tersebut merupakan fase lebih lanjut dari Polri Promoter (PROfesional, MOdern, dan TERpercaya) yang telah digunakan pada periode sebelumnya dengan pendekatan pemolisian berorientasi masalah atau problem oriented policing.

Dalam kepemimpinan Polri Presisi, ditekankan pentingnya kemampuan pendekatan pemolisian prediktif (predictive policing) agar Polri mampu menakar tingkat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) melalui analisis berdasarkan pengetahuan, data dan metode yang tepat sehingga dapat dicegah sedini mungkin.

Responsibilitas dan transparansi berkeadilan menyertai pendekatan pemolisian prediktif yang ditekankan agar setiap anggota Polri mampu melaksanakan tugasnya secara cepat dan tepat, responsif, humanis, transparan, bertanggung jawab dan berkeadilan.

Dengan Polri Presisi, Kapolri berharap dapat mengubah "wajah" Polri di mata masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

Baca juga: Kapolri: Kepemimpinan Jenderal Idham Azis bak burung elang

Baca juga: Listyo Kapolri, GP Ansor harap Polri makin responsif dan adil

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021