Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar yang juga merupakan mantan Ketua Umum KONI Pusat.

Menurut Zainudin, pengabdian Wismoyo Arismunandar di dunia olahraga sangat terasa. Ia mengenangnya sebagai motivator andal bagi para atlet.

“Beliau adalah pemberi motivasi yang andal bagi prajurit dan para atlet,” kata Zainudin lewat pesan singkat yang diterima Antara di Jakarta, Kamis.

“Salah satu yang masih saya ingat adalah kebiasaan beliau melakukan tepuk tangan bersama para atlet dan pelatih dalam durasi beberapa menit untuk memberi semangat,” tambahnya.

Menurut Zainudin, kebiasaan itu ternyata juga telah diterapkan sejak ia masih tergabung dengan TNI. 

Baca juga: Marciano Norman: Wismoyo tinggalkan warisan besar untuk olahraga 
Baca juga: Mantan Kasad Jenderal Wismoyo meninggal dunia 


Banyak prestasi membanggakan yang diraih Indonesia saat Wismoyo masih memimpin KONI Pusat pada periode 1995-2003, salah satunya adalah medali emas Olimpiade 1996 Atlanta, juara umum SEA Games 1997 dan emas Olimpiade 2000 Sydney.

“Beliau adalah pemimpin pemersatu. Dunia olahraga Indonesia merasakan kehilangan walaupun beliau sudah lama tidak aktif berkecimpung lagi dalam kegiatan olahraga di tanah air,” pungkas dia.

Wismoyo Arismunandar wafat di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Kamis pagi. Jenazah mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu disemayamkan di kediaman Jalan Gempol Nomor 10 Raya Bambu Apus, Jakarta Timur. 

Baca juga: Wismoyo Arismunandar ajak Purnawirawan TNI jaga karakter Sapta Marga 
Baca juga: Prabowo Subianto kenang Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021