Sampai sekarang item yang saya pakai ini namanya Jerry, sesuai nama saya. Lalu, celana yang saya gunakan ini meskipun bukan merek Indonesia, tapi diproduksi di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengimplementasikan program besutan Presiden Joko Widodo Bangga Buatan Indonesia dengan memakai produk buatan dalam negeri dalam keseharian, termasuk saat bertugas.

"Semuanya 100 persen yang saya gunakan hari ini adalah produk anak bangsa. Batik yang saya gunakan tidak perlu diragukan lagi, ini buatan dalam negeri," ujar Jerry saat menghadiri acara 'Cupping and Tasting' Kopi Nusantara yang disiarkan secara virtual, Kamis.

Jerry juga menyampaikan bahwa jam tangan berwarna kuning yang digunakannya adalah produk lokal dengan merek Pala, yang bahan baku kayunya diperoleh dari daerah asal Jerry yakni Pulau Siau, Sulawesi Utara, yang menurut dia memiliki potensi untuk diekspor.

Selain itu, Jerry sempat melepas sepatu yang ia kenakan untuk ditunjukkannya kepada publik sebagai buatan dalam negeri. Bahkan, karena produsen sepatu tersebut senang dengan upaya Jerry bangga menggunakan produk lokal, maka nama Wamendag berusia 35 tahun tersebut disematkan pada jenis sepatu yang ia pakai.

"Sampai sekarang item yang saya pakai ini namanya Jerry, sesuai nama saya. Lalu, celana yang saya gunakan ini meskipun bukan merek Indonesia, tapi diproduksi di Indonesia," ujar Jerry.

Jerry menegaskan, program Bangga Buatan Indonesia perlu diwujudkan dalam bentuk nyata, yakni tidak sekedar bangga, namun juga menggunakan dan mengonsumsi produk buatan Indonesia.

"Itu menunjukkan keberpihakan kita dan kita memiliki misi, sesuai arahan Presiden bagaimana kita bisa mengembangkan, baik secara kuantitas dan kualitas. Nah. ini yang kita dorong, cermati dan kita implementasikan," ungkap Jerry.

Dengan demikian, Jerry menambahkan, Indonesia dapat menunjukkan bahwa Indonesia mampu, mau, dan bisa menjadi negara berdaulat di kancah global, karena memiliki integritas dengan mempromosikan produk-produk dalam negeri secara masif.

"Karena kalau kita bicara ekspor, kita bicara produk, kalau kita bicara produk kita bicara kebanggaan, kalau kita bicara kebanggaan, kita bicara integritas. Kalau kita bicara integritas, kita bicara sebagai bangsa besar. indonesia itu potensinya banyak, kekayaan alamnya banyak, produknya banyak. Saya pikir inilah momen yang sangat bagus," kata Jerry.

Baca juga: BI Bali: QRIS dorong akselerasi Gernas Bangga Buatan Indonesia

Baca juga: Luhut ajak masyarakat bangga gunakan sepeda lokal

Baca juga: Menhub luncurkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Soekarno-Hatta

Baca juga: Gerakan Bangga Buatan Indonesia 2021 resmi diluncurkan

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021