Jakarta (ANTARA) - Manchester City merebut puncak klasemen sementara Liga Inggris seusai rangkaian laga putaran ke-20 yang digelar tengah pekan sejak Rabu (27/1) sampai dengan Jumat dini hari WIB.

City yang bermain pada Rabu (27/1) WIB membukukan kemenangan telak 5-0 dalam lawatan ke markas West Bromwich Albion di Stadion The Hawthorns.

Manajer West Brom, Sam Allardyce, dibuat marah atas proses terjadinya gol kedua City lantaran para pemainnya terlanjur berhenti mengejar bola karena hakim garis mengangkat bendera pertanda offside terhadap Bernardo Silva, tetapi wasit Chris Kavanagh berkata lain.

Apapun itu, City merangsek naik ke posisi puncak dengan raihan 41 poin dari 19 pertandingan yang sudah dijalani atau punya satu laga simpanan untuk dimainkan.

Baca juga: Manchester City ke pucuk lagi seusai cukur West Brom 5-0
Baca juga: Sheffield United jegal ambisi Manchester United kembali ke puncak


Posisi City di puncak kemudian dimantapkan sehari kemudian, akibat hasil mengejutkan yang terjadi di Old Trafford ketika Manchester United dipecundangi oleh Sheffield United 1-2.

Hasil yang menyudahi tren nirkalah MU dalam 13 pertandingan sebelumnya itu memaksa Setan Merah tertahan di urutan kedua, terpaut satu poin di belakang City. Sedangkan Sheffield (8) yang baru merasakan kemenangan keduanya belum beranjak dari dasar klasemen.

Putaran ke-20 juga menandai debut manajer anyar Chelsea, Thomas Tuchel, di Liga Premier Inggris, tetapi pelatih asal Jerman itu tidak memberi pertunjukan impresif sebab The Blues hanya main nirgol menjamu Wolverhampton di Stamford Bridge pada Kamis (28/1) WIB.

Kendati demikian, tambahan satu poin cukup untuk membuat Chelsea naik satu strip ke urutan kedelapan klasemen dengan koleksi 30 poin.

Baca juga: Tuchel cuma bisa 0-0 dalam debutnya tangani Chelsea
Baca juga: Burnley lanjutkan tren positif saat jungkalkan Aston Villa


Hal itu tidak lepas dari kekalahan mengejutkan yang dialami Aston Villa saat melawat ke Turf Moor dan menyerah 2-3 di tangan Burnley.

Sementara itu, Arsenal melanjutkan tren positif nirkalah mereka menjadi enam laga beruntun dengan kemenangan 3-1 atas Southampton di St. Mary's pada Rabu (27/1) WIB.

Arsenal tepat berada di bawah Chelsea di urutan kesembilan karena kalah selisih gol kendati sama-sama mengoleksi 30 poin.

Tren positif lain yang berlanjut diperlihatkan oleh West Ham United yang membukukan kemenangan keempat beruntun kala menaklukkan Crystal Palace 3-2 di Selhurst Park pada Rabu (27/1).

Kemenangan itu sempat membuat West Ham menembus empat besar klasemen dengan koleksi 35 poin.

Baca juga: West Ham tembus empat besar setelah pecundangi Crystal Palace
Baca juga: Liverpool akhirnya menang lagi setelah hajar Tottenham 3-1


Sayangnya, West Ham hanya sekira 48 jam berada di empat besar, sebab dalam laga penutup putaran ke-20, Liverpool berhasil menang 3-1 di markas Tottenham Hotspur.

Pertandingan yang menandai berakhirnya paceklik gol dan kemenangan Liverpool di Liga Inggris itu membuat tim besutan Juergen Klopp kembali ke peringkat keempat dengan koleksi 37 poin.

Berikut hasil lengkap Liga Inggris pekan ke-20 (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Rabu (27/1) dini hari
Crystal Palace 2 - West Ham United 3 (Wilfried Zaha 3', Michy Batshuayi 90+7'; Tomas Soucek 9', 25', Craig Dawson 65')
Newcastle United 1 - Leeds United 2 (Miguel Almiron 57'; Raphinha 17', Jack Harrison 61')
Baca juga: Leeds perburuk tren nirmenang Newcastle
Southampton 1 - Arsenal 3 (Stuart Armstrong 3'; Nicolas Pepe 8', Bukayo Saka 39', Alexandre Lacazette 72')
Baca juga: Arsenal tuntaskan revans atas Southampton
West Bromwich Albion 0 - Manchester City 5 (Ilkay Gundogan 6', 30', Joao Cancelo 20', Riyad Mahrez 45+2', Raheem Sterling 57')

Kamis (28/1) dini hari
Chelsea 0 - Wolverhampton 0
Burnley 3 - Aston Villa 2 (Ben Mee 52', Dwight McNeil 76', Chris Wood 79'; Ollie Watkins 14', Jack Grealish 68')
Brighton & Hove Albion 0 - Fulham 0
Manchester United 1 - Sheffield United 2 (Harry Maguire 64'; Kean Bryan 23', Oliver Burke 74')
Everton 1 - Leicester City 1 (James Rodriguez 30'; Youri Tielemans 67')

Jumat (29/1) dini hari
Tottenham Hotspur 1 - Liverpool 3 (Pierre-Emile Hojbjerg 49'; Roberto Firmino 45+4', Trent Alexander-Arnold 47', Sadio Mane 65')

Klasemen Liga Inggris

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021