Jakarta (ANTARA) - Formula E pada Kamis membatalkan seri balapan di Paris karena pembatasan terkait pandemi COVID-19 dan mengatakan E-Prix yang direncanakan di Seoul, Korea Selatan, dan Sanya, China, belum mendapatkan kejelasan.

Musim ketujuh balap mobil elektrik, yang sekarang telah diakui oleh FIA sebagai kejuaraan dunia, akan dimulai di Arab Saudi pada 26 dan 27 Februari dengan dua balapan malam di Diriyah.

"Pertimbangan kesehatan dan keamanan membuat penyelenggaraan spesifik dari E-Prix Paris di sekitar Les Invalides terlalu kompleks di Musim Ketujuh," demikian pernyataan resmi Formula E seperti dikutip Reuters.

"Oleh karena itu, telah disepakati dengan Kota Paris sebagai gantinya untuk edisi Musim Kedelapan."

Paris akan kembali ke kalender 2022.

Baca juga: McLaren teken opsi untuk bergabung ke Formula E pada 2022-2023
Baca juga: BMW ikuti langkah Audi keluar dari Formula E


Kalender revisi yang menghadirkan jadwal balapan hingga Juni terdiri dari delapan balapan, dengan sejumlah balapan lainnya akan dikonfirmasi di awal musim semi Eropa.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan kalender global yang layak untuk musim pertama kami sebagai kejuaraan dunia" kata Chief Executive Jamie Reigle.

Slot 10 April terkonfirmasi untuk Roma, sedangkan Valencia akan menempati slot 24 April, yang tadinya menjadi jatah Paris.

Monako tak mengalami perubahan jadwal dan tetap akan digelar pada 8 Mei.

Kota Marrakesh di Maroko akan menggelar E-Prix pada 22 Mei, satu hari sebelum balapan di Seoul seharusnya digelar, dan dua balapan di ibukota Chile Santiago diundur dari Januari ke 5 dan 6 Juni.

Balapan di China pada 13 Maret untuk sementara ditunda, demikian pula di Mexico City.

Formula E mengatakan protokol ketat yang diterapkan dengan kota-kota tuan rumah akan memastikan keselamatan dan keamanan para kompetitor.

Musim balapan tahun lalu diakhiri dengan enam balapan yang digelar di Berlin, Jerman pada Agustus menyusul serentetan pembatalan.

E-Prix Valencia akan bertempat di Sirkuit Ricardo Tormo, di mana para tim telah melakukan tes dalam tiga tahun terakhir, yang berada di luar kota yang berada di Spanyol bagian timur tersebut.

Baca juga: Formula E tangguhkan balapan di Meksiko dan China tahun depan
Baca juga: Da Costa kunci gelar juara Formula E di Berlin


Kalender Provisional Formula E 2021

26 Februari - Diriyah, Arab Saudi
7 Februari - Diriyah, Arab Saudi
10 April - Roma
24 April - Valencia
8 Mei - Monaco
22 Mei - Marrakech
5 Juni - Santiago
6 Juni - Santiago

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021