Semua aduan, keluhan, dan kritik yang masuk kanal Laporgub akan diselesaikan dalam waktu 1 hari.
Semarang (ANTARA) -
Berbagai kebijakan dan inovasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dijadikan aspirasi peserta pelatihan kepemimpinan administrator Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Aribowo di Semarang, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya selalu melakukan berbagai terobosan inovatif, salah satunya di bidang pelayanan publik.

Ia mencontohkan adanya kanal komunikasi Laporgub sebagai wadah bagi masyarakat menyampaikan masalah terkait dengan infrastruktur dan noninfrastruktur dalam lingkup Pemprov Jateng sehingga dapat ditangani secara cepat dan tepat oleh dinas yang terkait.
 
"Kanal Laporgub menjadi sarana aduan masyarakat menyangkut berbagai hal. Semua aduan, keluhan, dan kritik yang masuk akan diselesaikan dalam waktu 1 hari. Penyelesaian tidak secara fisik, tetapi sudah dikoordinasikan dengan pihak berwenang dan segera ditindaklanjuti," katanya.

Baca juga: Wapres: Birokrasi harus lakukan inovasi dan perbaikan layanan publik

Menurut dia, berbagai inovasi itu menjadikan Pemprov Jateng meraih sejumlah penghargaan, di antaranya penghargaan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI sebagai Lembaga Pelatihan Terbaik Nasional 2020 dan hasil survei KPK Jateng menjadi provinsi paling berintegritas.

Berikutnya, penghargaan Inklusi Keuangan Terbaik Nasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Program Jogo Tonggo yang mendapat penghargaan dalam ajang Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan COVID-19.

Sebelumnya, Yustiar Nugroho selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan pada Pusdiklat (Pusat Diklat) Manajemen dan Kepemimpinan Balitbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung mengatakan bahwa kebijakan dan inovasi Pemprov Jateng dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan publik menjadi sumber inspirasi bagi pihaknya.

"Inovasi tersebut menjadi inspirasi peserta dalam membuat rancangan aksi perubahan dan berharap rancangan aksi itu dapat diimplementasikan untuk kemajuan di satuan kerja masing-masing peserta," katanya.

Baca juga: Menteri PAN-RB apresiasi peresmian MPP Pati di tengah pandemi

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021