Jakarta (ANTARA) - Pebalap nasional Dimas Ekky Pratama akan berlaga dalam ajang FIM CEV Repsol Moto2 European Championship musim ini setelah namanya resmi masuk kejuaraan yang pernah dia ikuti di seputaran Spanyol itu.

Direktur Mandalika Racing Team Kemalsyah Nasution ketika dihubungi di Jakarta hari ini membenarkan kabar itu.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi dari Dorna kalau Dimas Ekky akan berlaga di FIM CEV Moto2," kata Kemal.

Dimas pernah mengenyam satu musim dalam Kejuaraan Dunia Moto2 pada 2019 meski dirundung cedera sampai kehilangan bangkunya di Honda Team Asia tahun lalu.

Akhir tahun lalu dia diajukan memperkuat tim Pertamina Mandalika SAG Team dalam kejuaraan dunia Moto2 musim ini namun gagal mendapatkan restu dari Dorna Sports mengingat ketatnya persyaratan seleksi.

Baca juga: Dorna kemungkinan putuskan nasib Dimas Ekky sebelum pergantian tahun

Kolaborasi antara tim Indonesia dan Spanyol itu akhirnya meminang pebalap Belanda Bo Bendsneyder untuk menjadi tandem Thomas Luthi dari Swiss.

"Menurut Dorna dia belum memenuhi kualifikasi, makanya dia harus menunjukkan kemampuannya di CEV Moto2," kata Kemal.

Mengikuti saran Dorna, Mandalika Racing Team mendaftarkan nama Dimas ke ajang yang bisa menjadi batu loncatan ke kejuaraan dunia itu pada 15 Januari dan akhirnya mendapatkan jawabannya.

Kemal mengungkapkan telah mengantongi kontrak dengan tim yang belum diluncurkan nama resminya untuk CEV Moto2.

Baca juga: Dimas Ekky tunggu restu dari Dorna untuk kembali ke Moto2

"Tapi kami bilang ke tim ini bahwa tiga tahun kontraknya, tapi untuk pebalapnya satu tahun... karena kalau performanya bagus dia bisa ke Moto2," kata Kemal, yang masih ingin mengorbitkan Dimas ke Moto2.

CEV dikenal secara internasional sebagai ajang balap nasional yang menjadi referensi negara-negara di seluruh dunia untuk meluluskan pebalap mereka ke kelas MotoGP.

Sejumlah pebalap yang kini berlaga di MotoGP, seperti Marc Marquez, Joan Mir, Fabio Quartararo sempat mencicipi ajang CEV Moto2 tersebut.

Ajang FIM CEV Repsol Moto2 European Championship 2021 akan mengawali musim di Sirkuit Estoril, Portugal, pada 24 April.

Baca juga: Dimas Ekky persiapkan mental dan fisik jelang debut tim Mandalika

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021