Jakarta (ANTARA) - Solois K-pop HyuNa mengatakan, album terbarunya "I'm Not Cool" adalah buku harian dari hidupnya yang berisi perasaan serta kisah-kisah hidupnya di atas panggung maupun belakang panggung.

Musisi 28 tahun, yang menunda peluncuran single "Good Girl" tahun lalu terkait masalah kesehatan, merilis mini album yang memuat lima lagu, Kamis (28/1). Selain "I'm Not Cool", album itu memuat single "Good Girl" serta "Flower Shower".

"Untuk album ini, saya memasukkan banyak cerita yang saya tulis di dalam fitur memo di handphone," kata HyunA seperti dikutip dari Yonhap.

"Ada cerita dari tiga tahun lalu, juga dari dua tahun lalu. Saya ingin (penggemar) merasa sedang membaca buku harian rahasia saya, jadi saya membuat album berdasarkan kisah-kisah ini."

Lagu andalan "I'm Not Cool" misalnya, adalah contoh sempurna dari kepribadiannya.

"Saat saya tampil di panggung, saya dapat banyak dukungan dari orang-orang. Jadi saya harus terlihat sempurna dan keren di panggung, tapi sikap saya tidak keren," katanya. "Karena mencoba jadi keren itu tidak keren, saya memutuskan untuk memilih 'I'm Not Cool' (sebagai title track)."

Baca juga: HyunA siap akhiri hiatus setahun pekan depan

"Good Girl" adalah syair untuk dirinya sendiri juga untuk penggemarnya, lagu yang diharap bisa memberikan energi positif. Liriknya ditulis sendiri oleh HyunA.

"Saya selalu berusaha bersikap baik kepada diri sendiri sebelum naik panggung, meyakinkan diri sendiri 'jujur kepada diri sendiri bukan hal buruk, HyunA.' Lagu ini membawa pesan itu.. Saya membuatnya, berharap bisa membantu orang-orang mencintai diri sendiri."

"Show Window" bercerita tentang kesepian atau perasaan yang tersimpan di balik citra glamornya.

"Alasan saya ingin membuat album yang seperti buku harian adalah karena itu menyuguhkan cerita jujur dari diri saya."

Penyanyi yang hiatus selama setahun itu mengatakan dia pernah marah kepada diri sendiri karena membatalkan peluncuran musiknya tahun lalu.

Baca juga: Hyuna tunda "comeback" karena alasan kesehatan

Dia merasa marah karena gagal menepati janji kepada penggemar akibat tidak bisa menjaga kondisi dirinya sendiri.

"Tapi pada saat yang sama, ini membuat saya berpikir harus segera kembali berkarya secepatnya dan mendorong saya untuk makan dengan benar, berolahraga dan berpikir positif agar lekas pulih."

HyunA dan kekasihnya, Dawn, bergabung dengan agensi P Nation milik rapper Psy setelah dikeluarkan dari Cube Entertainment akibat jalinan asmara mereka tercium publik.

Sebelumnya, pasangan ini mengaku secara terbuka melalui media bahwa mereka telah berpacaran selama dua tahun. Padahal pihak Cube membantah rumor tentang hubungan mereka.

HyunA menyampaikan rasa terima kasih kepada Psy dan Dawn atas dukungan mereka terhadap album barunya.

Psy memproduksi lagu utama di album HyunA, sementara Dawn ikut andil dalam lagu "Party, Feel, Love". Ketiganya mengerjakan lirik untuk lagu andalan di album ini.

"Kami adalah tiga artis yang berbeda dan (mempersiapkan album) seperti proses menyatukan kekuatan," jelas dia. Walau prosesnya tak selalu mulus karena mereka punya gaya bermusik yang beda serta kepribadian yang sama-sama keras, HyunA berterimakasih kepada Psy yang selalu mempercayainya.

Setelah bergabung dengan agensinya, Psy menulis lagu "Flower Shower" untuk HyunA.

Di Korea Selatan, ungkapan "berjalan di jalan bunga" adalah harapan agar seseorang melewati jalan yang penuh bahagia dan sejahtera.

Setelah hiatus yang tak terduga, HyunA siap kembali jadi "anak nakal" di atas panggung, rumah untuknya.

"Saya selalu ingin membawa sesuatu yang baru. Saya ingin menguji batas sendiri.. Karena panggung adalah tempat yang paling menyenangkan, saya ingin jadi anak nakal, setidaknya di atas panggung."


Baca juga: Hyuna dan E'Dawn bergabung ke label milik Psy

Baca juga: HyunA akui pacaran dengan E'Dawn

Baca juga: HyunA dan E'Dawn Pentagon dikeluarkan dari manajemen

 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021