Surabaya (ANTARA) - Pengamat politik dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Dr Agus Mahfudz Fauzi menilai kader muda lebih berpeluang memimpin Partai Demokrat Jawa Timur untuk periode 2021-2026.

"Figur yang berpeluang memimpin Demokrat Jatim nanti adalah kader muda dan yang berani serta tidak malu-malu membawa nama besar partai," ujarnya ketika dihubungi melalui telepon di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, Partai Demokrat Jatim sekarang membutuhkan energi besar untuk mengembalikan kejayaan seperti Pemilu 2009.

Mantan komisioner KPU Jatim menyarankan sebaiknya pada proses pemilihan nantinya, ada beberapa calon yang berani mencalonkan atau tidak tunggal seperti beberapa partai politik lain.

Baca juga: Pimpin Demokrat Jatim, Emil Dardak komitmen utamakan tugas Wagub

Sehingga, kata dia, DPC-DPC mempunyai beberapa pilihan alternatif untuk menunjukkan kepada publik sebagai partai yang menjunjung tinggi demokrasi.

"Sosok yang berani menampilkan diri ke publik dengan Demokratnya, pekerja keras dan yang belum mempunyai catatan negatif di dunia politik, saya kira layak untuk diberikan mandat dalam musda mendatang," kata dosen yang juga Direktur Lembaga Durvey Bangun Indonesia tersebut.

Sementara itu, DPD Partai Demokrat Jatim bakal menggelar Musyawarah Daerah (Musda) VI pada 12 Februari 2021 untuk memilih ketua dan pengurus baru.

Hingga saat ini muncul lima nama kandidat dari kader yang berpeluang maju menggantikan Soekarwo sebagai orang nomor satu di Demokrat Jatim secara definitif.

Baca juga: DPP tunjuk Emil Dardak Plt ketua Demokrat Jatim

Kelima nama tersebut yakni Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jatim yang kini juga menjabat Plt (Pelaksana Tugas) Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Agus Dono Wibawanto (anggota DPRD Jatim), Ahmad Iskandar (Wakil Ketua DPRD Jatim), Sri Subiati (Bendahara/Ketua F-PD DPRD Jatim) dan Bayu Airlangga (Sekretaris DPD PD Jatim/Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim).

Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim lantaran diangkat menjadi Komisaris Utama salah satu BUMN pada 2018.

Kursi Ketua DPD Partai Demokrat dijabat oleh Renville Antonio sebagai Ketua Plt, namun setelah Renville dipercaya sebagai bendahara umum DPP Demokrat, posisi Plt Ketua dijabat Emil Dardak yang sekarang juga menjabat Wakil Gubernur Jatim.

Baca juga: Pengamat: Figur pengganti Soekarwo di Demokrat Jatim lebih tepat kader

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021