tidak hanya bagi pejalan kaki, JPO tersebut juga difungsikan bagi pesepeda serta terintegrasi dengan transportasi umum
Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta berniat untuk merevitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Sudirman yang didedikasikan bagi tenaga kesehatan yang gugur dalam menangani pandemi COVID-19.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan bahwa Gubernur Anies Baswedan sudah melakukan sosialisasi kepada konsultan dan jajaran Pemprov DKI perihal perombakan JPO di Sudirman, bahkan sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Tahun 2021.

Baca juga: TransJakarta operasikan JAK 88 dengan rute Tanjung Priok-Ancol Barat

"Kita tunggu saja. Seperti apa JPO-nya, bagus pokoknya. JPO-nya difungsikan juga bagi pesepeda kemudian sekaligus juga  nantinya ada semacam tempat untuk mengenang para nakes yang meninggal karena COVID-19," kata Riza di Jakarta, Jumat.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta itu mengatakan dalam waktu dekat, JPO di Jalan Sudirman akan direvitalisasi, namun dia tidak menyebutkan waktu pastinya revitalisasi tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyebut JPO Sudirman ini akan dilengkapi dengan anjungan pandang yang nantinya akan ada galeri apresiasi pejuang COVID-19 dari tenaga kesehatan dalam melawan COVID-19.

"Selain itu, revitaliasasi JPO Sudirman dilakukan karena struktur jembatan  sudah membutuhkan perbaikan," ujarnya.

Baca juga: Jenis teknologi dan fitur yang diminati "savvy commuters" Jakarta

Tapi, kata Heri, pembangunan ini tidak menggunakan dana APBD melainkan memakai dana koefisiensi lantai bangunan (KLB).

Lebih lanjut, JPO yang terletak di area Karet Sudirman ini dibangun dengan konsep modern dengan terdapat fasilitas baru yang menyatukan pejalan kaki, pesepeda, serta pengguna transportasi publik.

JPO ini juga dilengkapi Lift kapasitas 3.000 kilogram yang dapat mengangkut delapan sepeda sekaligus pengendara, maupun penyandang disabilitas yang membutuhkan serta dilengkapi bike lounge.

Baca juga: Riset: Teknologi digital tingkatkan infrastruktur transportasi Jakarta

Di Tengah JPO terdapat ruang berkumpul masyarakat bertema Kapal Pinisi serta Anjungan Pandang Jakarta. JPO ini juga dilengkapi CCTV dan sensor beban pada anjungan untuk keamanan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021