KPU Purbalingga apresiasi tingginya partisipasi pemilih saat pilkada

KPU Purbalingga apresiasi tingginya partisipasi pemilih saat pilkada

Rapat Pleno KPU Purbalingga. ANTARA/HO - KPU Purbalingga.

Purbalingga (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mengapresiasi tingginya angka partisipasi jumlah pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga 2020.

"Seperti kita tahu, angka partisipasi jumlah pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga 2020 mencapai 73,26 persen atau naik 13,26 persen dari Pilkada 2015 yang hanya sebesar 60 persen. KPU Purbalingga sangat mengapresiasi hal ini," kata Anggota KPU Purbalingga Divisi Parmas, SDM dan Kampanye, Andri Supriyanto di Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu.

Dia mengatakan angka tersebut merupakan angka partisipasi tertinggi di sepanjang sejarah pelaksanaan pilkada di Purbalingga.

Baca juga: Kemendagri: Pelaksanaan Pilkada serentak 2024 amanat UU

Hal itu kata dia dipengaruhi banyak faktor, antara lain sosialisasi yang masif yang dilakukan oleh tim KPU Purbalingga dan sejumlah unsur terkait lainnya.

Seperti diketahui sosialisasi dilakukan dengan sangat intensif baik melalui publikasi keliling dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat maupun sosialisasi melalui media sosial.

Selain dilakukan oleh penyelenggara, sosialisasi juga dilakukan oleh para peserta pilkada, parpol serta para pemangku kepentingan yang ada di wilayah setempat.

"Dengan adanya sosialisasi yang masif maka berpengaruh pada tingginya capaian tingkat partisipasi pemilih, keberhasilan ini merupakan keberhasilan kita semua," katanya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur kepada Tuhan YME atas tingginya jumlah partisipasi pemilih.

"Di tengah kehawatiran kami akan partisipasi yang rendah karena kondisi pandemi COVID-19 ternyata hasilnya cukup memuaskan. Artinya edukasi dan sosialisasi mengenai penerapan protokol kesehatan saat pelaksanaan pilkada telah membawa hasil yang signifikan," katanya.

Sementara itu, seperti diwartakan sebelumnya KPU Kabupaten Purbalingga telah melaksanakan rapat pleno penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang terpilih dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020 lalu.

Rapat pleno telah dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2020 di Aula KPU Purbalingga.

Berdasarkan rekapitulasi hasil Pilbup Purbalingga tersebut paslon nomor 1 yakni Mohammad Sulhan Fauzi dan Zeni Supriyatno meraih 238.735 suara atau sebanyak 45.26 persen.

Sedangkan paslon nomor 2 Dyah Hayuning Pratiwi dan Sudono meraih 288.741 suara atau 54.74 persen. Dengan demikian paslon nomor 2 ditetapkan sebagai pemenang.

Baca juga: Kemarin, dana insentif daerah hingga pendapat JK soal vaksin mandiri
Baca juga: Kemarin, berkas Rizieq dikembalikan hingga keluarga RJ Lino diperiksa


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

DKPP: Penyelenggara pemilu tak boleh anti parpol

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar