Cara membersihkan peralatan kosmetik

Cara membersihkan peralatan kosmetik

Ilustrasi - Alat kosmetik. ANTARA/Shutterstock.

Jakarta (ANTARA) - Sama seperti wajah dan rambut, alat kosmetik juga perlu dibersihkan secara rutin, jika tidak bakteri yang menempel pada peralatan tersebut dapat menyebabkan masalah pada kulit.

Peralatan kosmetik harus dibersihkan secara teratur, setidaknya setiap minggu. Ini adalah salah satu cara agar rutinitas perawatan kulit Anda tetap efektif.

Baca juga: Alasan penting untuk selalu membersikan alat rias

Peralatan kosmetik seperti kuas atau busa yang kotor dapat menyebabkan ruam, iritasi kulit hingga jerawat. Sebab bakteri dan jamur yang berkembang pada tempat tersebut akan mendatangkan reaksi pada kulit, peradangan dan infeksi.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membersihkan peralatan kosmetik Anda, dilansir Indian Express, Sabtu.

Pembersihan

Bersihkan kuas Anda setidaknya dua kali sebulan. Semua yang digunakan di sekitar mata, pipi, dan bagian kulit lainnya harus rutin dibersihkan. Aplikator pada kulit halus dapat dengan mudah menarik bakteri.

Cara membersihkan alat kosmetik ini pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan sabun cuci piring, sampo dengan pelembab atau sabun pembersih wajah.

Rendam peralatan kosmetik pada air yang sudah diberi sabun selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air dingin bersih, maka alat kosmetik Anda akan kembali seperti baru.

Baca juga: Awas bakteri berbahaya pada aplikator "make-up" kotor

Mendesinfeksi

Anda dapat mendisinfeksi kuas dengan menggunakan cuka. Caranya, aduk kuas atau busa di dalam air campuran cuka, lalu bilas dengan air bersih dan jangan sampai mengenai gagang.

Pengeringan

Keringkan kuas Anda dengan menggantungnya di tepi meja atau memerasnya dengan handuk kering.

Bentuk kembali kepala kuas dengan dengan lembut. Sikat secara lembut dari bawah ke ujung kuas. Jangan biarkan mengering di atas handuk, karena akan mudah berjamur.

Mengganti kosmetik dan alat

Sebagian besar kosmetik memiliki jangka waktu kedaluwarsa mulai dari enam hingga 24 bulan. Alat rias Anda paling baik digunakan selama satu tahun dan tidak lebih.

Membersihkan kosmetik

Setiap minggu, desinfeksi kosmetik Anda seperti pada pinggiran atau sudut-sudut produk, botol hingga tutupnya. Bersihkan juga ujung lipstik Anda dengan mengusapnya menggunakan kapas bersih.

Lindungi kosmetik seperti blush on dan eye shadow agar tidak terkontaminasi dengan menggunakan spons lateks, atau gunakan aplikator sekali pakai.

Selain itu, jaga agar area tempat Anda menyimpan alat dan barang riasan tetap kering dan rapi. Jauhkan dari sinar matahari dan sumber penghasil panas. Bersihkan kosmetik dan riasan Anda secara rutin agar awet dan memberikan hasil maksimal setiap saat.


Baca juga: Kreativitas kosmetik lokal di era Industri 4.0

Baca juga: Animal Crossing punya lini makeup

Baca juga: Tren dekorasi hingga "makeup" pernikahan di 2021

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polda Jabar ungkap rumah produksi kosmetik ilegal di Padalarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar