Jayapura (ANTARA) - Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada bulan Oktober 2021, sejumlah cabang olahraga sudah mulai melakukan pemusatan latihan (TC) terpusat di Stadion Mandala Jayapura.

Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya melalui laman PB PON Papua, Sabtu, mengatakan, Stadion Mandala saat ini menjadi tempat para atlet untuk berlatih mempersiapkan diri mencapai sukses prestasi pada PON XX Papua 2021. Meskipun ada rencana, stadion ini akan dipakai Persipura saat menjamu lawannya pada AFC Cup 2021.

"Kita sudah dengar Persipura ingin menjamu lawannya pada AFC Cup 2021 di stadion Mandala, tapi manajemen harus dikomunikasikan dulu, surat pemberitahuan sah tidak ada, kita belum dapatkan surat resmi dari manajemen Persipura,” katanya.

Kenius menyarankan, sebaiknya manajemen Persipura terlebih dahulu menyurati Pemerintah Provinsi yang memiliki asset fasilitas olahraga tersebut jika mau digunakan untuk kepentingan kompetisi AFC Cup.

"Mereka (Persipura) bisa menyurati Pemprov yang memiliki asset seperti lapangan. Bukan hanya di Mandala, kalaupun mau pakai Stadion Lukas Enembe pun tidak masalah yang penting Benhur Tomi Mano selaku Ketua Umum Persipura silahkan menyurati Gubernur Papua Lukas Enembe untuk penggunaan Stadion untuk AFC selagi belum dipakai," ungkap Kenius.

Sejak dilakukan penyerahan wisma atlet dan seluruh fasilitas Stadion Mandala dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Papua, KONI Papua telah memutuskan menutup penggunaan stadion tersebut untuk umum.

Hal itu dilakukan karena stadion Mandala dijadikan sebagai tempat terfokusnya latihan bagi atlet 37 cabang olahraga guna mencapai sukses prestasi PON.

Sementara itu, manajemen Persipura telah mendaftarkan Stadion Mandala sebagai homebase yang juga menjadi salah satu syarat untuk berkompetisi di AFC Cup 2021.

Baca juga: PSSI akan berkomunikasi dengan Persipura terkait Piala AFC 2021
Baca juga: Venue panahan PON Papua rampung pada April 2021
Baca juga: PB PON Papua gelar pelatihan bagi jurnalis peliput PON XX
Baca juga: KONI Papua kumpulkan 37 pengurus cabor untuk sukses prestasi PON XX



 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021