Konstruksi sistem transaksi tol nirsentuh MLFF berbasis GNSS ini akan dimulai pada pertengahan tahun ini
Jakarta (ANTARA) - Roatex Ltd Hongaria menargetkan konstruksi sistem transaksi jalan tol nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) berbasis sistem navigasi satelit atau global navigation satellite system (GNSS) tuntas pada pertengahan 2022.

"Konstruksi sistem transaksi tol nirsentuh MLFF berbasis GNSS ini akan dimulai pada pertengahan tahun ini. Dengan demikian kalau (pelaksanaannya) satu tahun diharapkan pada pertengahan tahun depan konstruksi sistem tol MLFF ini sudah harus selesai semua," ujar Chief Representative Roatex Ltd Musfihin Dahlan di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, Musfihin juga menambahkan sebagian jalan tol di Jawa dan Bali akan memulai implementasi sistem transaksi tol nirsentuh berbasis GNSS ini pada 2022.

Namun, kata dia, terkait ruas tol mana yang akan mengimplementasikan sistem ini tergantung pada target yang ditetapkan oleh BPJT.

"Terkait implementasinya tergantung pada kebijakan pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Indef: Transaksi tol nirsentuh berdampak positif bagi pengguna tol

Kementerian PUPR telah menetapkan Roatex Ltd dari Hongaria sebagai pemenang tender sistem transaksi jalan tol nirsentuh MLFF melalui Surat Menteri PUPR Nomor: PB.02.01-Mn/132 tanggal 27 Januari 2021.

Dengan ditetapkannya Roatex sebagai pemenang tender bersama Badan Pengatur Jalan tol (BPJT) Kementerian PUPR akan segera mempersiapkan rencana kerja pelaksanaan proyek ini.

Pada tahun pertama, sejak telah ditandatangani perjanjian kerja sama BUP dengan pemerintah adalah masa pelaksanaan konstruksi dari masa 10 tahun konsesi kerja sama.

Solusi teknologi yang akan diterapkan berbasis GNSS yang merupakan teknologi paling mutakhir dalam sistem transaksi MLFF.

Baca juga: Roatex akan mulai konstruksi tol MLFF Indonesia pertengahan 2021
Baca juga: Jasa Marga dan Telkom akan digandeng Roatex Hongaria dalam tol MLFF

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021