Getaran gempanya cukup kuat dan dirasakan selama beberapa detik sampai dinding rumah bergoyang
Bengkulu (ANTARA) - Warga Kota Bengkulu merasakan getaran kuat gempa bermagnitudo 5,3 yang mengguncang Bengkulu, Sabtu petang sekitar pukul 17.22 WIB.

"Getaran gempanya cukup kuat dan dirasakan selama beberapa detik sampai dinding rumah bergoyang," kata warga Kelurahan Kandang Limun, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu Adrian M Yusuf.

Sejumlah warga sempat berhamburan keluar rumah saat gempa tersebut terjadi pada pukul 17.22 WIB.

Getaran gempa tersebut dirasakan diseluruh kabupaten dan kota di Bengkulu. Selain itu, gempa juga dirasakan hingga ke beberapa daerah di Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung.

Meski demikian, belum ada laporan kerusakan baik rumah warga maupun bangunan fasilitas umum milik pemerintah yang rusak akibat gempa tersebut.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, BMKG Bengkulu Litman mengatakan gempa yang terjadi merupakan itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Episentrum gempa tektonik itu terletak pada koordinat 4,46 Lintang Selatan dan 102,53 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 kilometer Barat Daya Seluma, Bengkulu, pada kedalaman 51 km.

"Gempa itu terjadi pada pukul 17.22 WIB dan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," ucapnya.

Litman menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan hingga pukul 18.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Litaman.

Baca juga: Gempa pertama 2021 di Kalimantan guncang Berau

Baca juga: BMKG: Aktivitas gempa dirasakan meningkat, paling banyak di Sulteng

Pewarta: Carminanda
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021