Liga Inggris

Callum Wilson pungkasi paceklik kemenangan Newcastle

Callum Wilson pungkasi paceklik kemenangan Newcastle

Penyerang Newcastle United Callum Wilson (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol keduanya ke gawang Everton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Sabtu (30/1/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Clive Brunskill)

Jakarta (ANTARA) - Penyerang Callum Wilson memungkasi paceklik kemenangan Newcastle United saat ia memborong dua gol untuk mempecundangi Everton 2-0 dalam laga pekan ke-21 Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Sabtu.

Hasil itu menjadi titik terang bagi tim besutan Steve Bruce yang lima laga beruntun menelan kekalahan dan tak pernah merasakan kemenangan dalam sembilan pertandingan terakhir.

Kendati menang, Newcastle tak beranjak dari peringkat ke-16 klasemen dengan raihan 22 poin, sedangkan Everton (33) sementara tertahan di urutan ketujuh, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Manajer Newcastle tegaskan tidak akan lari dari tantangan berat

Everton sebetulnya tampil mengawali pertandingan dengan baik dan menciptakan peluang lima menit setelah sepak mula, tetapi sundulan Yerry Mina menyambut umpan silang James Rodriguez masih melenceng dari tiang jauh.

Tim besutan Carlo Ancelotti itu terus menekan tamunya dan memperoleh kesempatan lagi pada menit ke-22 melalui tembakan jarak jauh Richarlison yang masih bisa ditepis oleh kiper Karl Darlow.

Dua menit kemudian, Newcastle baru bisa menciptakan peluang balasan melalui tembakan mendatar Jonjo Shelvey yang arahnya berbelok karena membentur Mina, beruntung bola masih melenceng di sisi gawang.

Pada menit ke-30 Newcastle beroleh peluang bagus melalui sepak pojok Ryan Fraser yang berhasil ditemui Wilson, tetapi kali ini kiper Jordan Pickford mampu menepis bola ke atas mistar gawang.

Lima menit berselang, giliran Darlow yang melalukan penyelamatan penting untuk menghadang tembakan James Rodriguez dan skor nirgol bertahan hingga turun minum.

Everton hampir membuka keunggulan pada menit ke-55, saat Dominic Calvert-Lewin melepaskan tembakan melengkung tajam tapi lagi-lagi Darlow mampu menepis bola.

Baca juga: Bawa Everton ke Liga Champions masih jadi motivasi utama Ancelotti

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-73 saat Wilson melepaskan diri dari kawalan pertahanan Everton untuk menyambut sepak pojok Shelvey dengan tandukan keras untuk menjebol gawang tuan rumah.

Everton kesulitan menciptakan peluang untuk bangkit dari ketertinggalan dan terselamatkan oleh tiang gawang pada menit ke-87 saat tembakan Wilson sudah memperdaya Pickford.

Newcastle mampu menjaga agresivitas mereka dan pada menit ketiga injury time Wilson mencetak gol keduanya dengan menyelesaikan umpan Jamal Lewis untuk mengunci kemenangan The Magpies menjadi 2-0 atas Everton.

Newcastle tentu berharap mampu menjaga tren positif saat mereka menjamu Crystal Palace pada Selasa (2/2), sedangkan Everton bakal berusaha bangkit dari kekalahan saat bertandang ke markas Leeds United sehari berselang.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: City rebut puncak seusai laga tengah pekan
Baca juga: West Bromwich lapor polisi dalam kasus pelecehan rasial di medsos
Baca juga: Tuchel: Chelsea tidak perlu beraktivitas di bursa transfer Januari

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar