Liga Italia

Milan bawa pulang tiga poin dari lawatan ke markas Bologna

Milan bawa pulang tiga poin dari lawatan ke markas Bologna

Gelandang AC Milan Franck Kessie mengeksekusi penalti pada pertandingan Liga Italia melawan Bologna yang dimainkan di di Stadion Renato Dell'Ara, Bologna, Sabtu (30/1/2021). (ANTARA/AFP/ALBERTO PIZZOLI)

Jakarta (ANTARA) - AC Milan membawa pulang tiga poin dari lawatannya ke markas Bologna setelah meraih kemenangan 2-1 pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Renato Dell'Ara, Bologna, Sabtu.

Ante Rebic membuka keunggulan Milan dengan memanfaatkan bola pantul eksekusi penalti Zlatan Ibrahimovic yang dapat ditepis kiper Lukasz pada menit ke-26.

Gol kedua Milan juga didapat dari penalti pada menit ke-55 lewat Franck Kessie. Bologna hanya mampu membalas satu gol dari sepakan pemain pengganti Andrea Poli pada menit ke-81, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Baca juga: Jadwal Liga Italia: Milan ingin putus laju kekalahan berturut-turut
Baca juga: Tomori bertekad ambil bagian dalam sejarah agung pertahanan Milan


Raihan tiga poin membawa Rossoneri memperbesar keunggulan menjadi lima poin di pucuk klasemen, dengan koleksi 46 poin. Sedangkan Bologna tertahan di posisi ke-13 dengan 20 poin.

Milan menggebrak terlebih dahulu. Umpan silang Theo Hernandez tidak dapat ditangkap kiper Skorupski, namun sang kiper masih mampu menepis bola ke mistar gawang.

Skorupski kembali harus bekerja keras saat Rafael Leao mengirim umpan kepada Zlatan Ibrahimovic, yang masih mampu ditahan kaki sang kiper. Ia kemudian melakukan dua penyelamatan sensasional. Pertama saat Alessio Romagnoli yang mengirim bola kepada Ibrahimovic untuk digagalkan Skorupski. Pergerakan itu berlanjut,dan Mitchell Dijks melanggar Rafael Leao untuk membuat wasit menunjuk titik putih.

Ibrahimovic menjadi algojo penalti, dan bukannya eksekutor reguler mereka Kessie. Namun sepakan penyerang Swedia itu dapat ditahan Skorupski, beruntung bagi Milan Rebic mampu bergerak cepat menyambar bola pantul.

Bologna berusaha bangkit, sepakan Riccardo Orsolini hanya mengenai sisi samping gawang, dan kiper Gianluigi Donnarumma harus menggunakan kakinya untuk menggagalkan upaya Nicola Sansone dari jarak dekat. Menjelang turun minum, kedua tim sama-sama memiliki peluang bagus. Milan melepaskan sundulan melalui Davide Calabria yang masih dapat digagalkan kiper, kemudian upaya Nico Dominguez mampu ditahan Donnarumma.

Baca juga: Mateo Musacchio resmi pindah dari Milan ke Lazio
Baca juga: Stephan El Shaarawy resmi kembali ke AS Roma



Setelah turun minum, Milan kembali mendapat hadiah penalti. Kali ini hadiah penalti diberikan wasit karena Adama Soumaoro mengenai bola dengan tangannya saat ia berusaha menghalau umpan panjang yang ditujukan kepada Ibrahimovic. Kali ini eksekusi penalti diambil oleh Kessie, yang tidak mengalami kesulitan untuk melakukannya dengan sempurna.

Milan secara bertahap mengendurkan tekanan, dan kesempatan itu dimaksimalkan oleh tuan rumah untuk balas menggempur. Poli dimasukkan sebagai pemain pengganti melawan bekas klubnya, dan ia berhasil memanfaatkan umpan kiriman Andreas Skov Olsen untuk menjadi gol balasan.

Gawang Milan kembali terancam beberapa saat kemudian, kali ini Donnarumma merentangkan tubuhnya untuk menepis tandukan Soriano. Setelah itu pun gawang Milan beberapa kali terancam, namun Bologna tetap tidak mampu mengemas gol penyama kedudukan.

Milan dipastikan akan berusaha minimal mempertahankan selisih jarak dengan tim posisi kedua Inter Milan saat menjamu Crotone pada pertandingan selanjutnya, Minggu (7/2), sedangkan Bologna akan berupaya mengakhiri catatan dua kekalahan beruntun saat dijamu tim papan bawah Parma.

Baca juga: Fiorentina imbangi Torino meski akhiri laga dengan sembilan pemain
Baca juga: Ronaldo disidik kepolisian atas dugaan pelanggaran protokol COVID-19


Susunan pemain:

Bologna (4-2-3-1): Lukasz Skorupski, Takehiro Tomiyasu, Danilo, Adama Soumaoro, Mitchell Dijks (Rodrigo Palacio 79'), Jerdy Schouten (Andrea Poli 79'), Nicolas Dominguez (Mattias Svanberg 67'), Riccardo Orsolini (Andreas Skov Olsen 68'), Roberto Soriano, Nicola Sansone (Emanuel Vignato 67'), Musa Barrow
Pelatih: Sinisa Mihajlovic

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma, Davide Calabria, Fikayo Tomori, Alessio omagnoli, Theo Hernandez, Sandro Tonali (Ismael Bennacer 62'), Franck Kessie, Alexis Saelemaekers, Rafael Leao (Mario Madzukic 73'), Ante Rebic (Rade Krunic 62'), Zlatan Ibrahimovic
Pelatih: Stefano Pioli

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar