Liga Jerman

Bayern hancurkan Hoffenheim, Frankfurt ke posisi tiga

Bayern hancurkan Hoffenheim, Frankfurt ke posisi tiga

Gelandang Bayern Munich Serge Gnabry (kanan) dan penyerang Thomas Mueller (kiri) merayakan gol yang tercipta ke gawang Hoffenheim pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Allianz Arena, Munich, Sabtu (30/1/2021). (ANTARA/AFP/ANDREAS GEBERT)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen menghancurkan tamunya Hoffenheim 4-1 untuk mengokohkan posisi di puncak klasemen dalam pertandingan Liga Jerman di Allianz Arena, Muenchen, Sabtu.

Tim Bavaria itu kini mengumpulkan 45 poin dan berjarak sepuluh poin dari tim posisi kedua RB Leipzig yang baru bermain Minggu dini hari WIB, sedangkan Hoffenheim tertahan pada posisi ke-11 dengan 22 poin setelah dua kemenangannya terhenti, demikian laman Liga Jerman.

Setelah sepakan Thomas Mueller membentur mistar gawang, Bayern memecah kebuntuan pada menit ke-32 lewat Jerome Boateng dengan memanfaatkan bola tendangan sudut kiriman Joshua Kimmich.

Bayern menggandakan skor pada menit ke-43 melalui sepakan Mueller yang membentur tubuh lawan sebelum masuk gawang Hoffenheim. Satu menit kemudian Hoffenheim membalas lewat Andrej Kramaric yang menyambar umpan silang Ihlas Bebou.

Bayern mengemas gol ketiganya saat Kingsley Coman mengumpan Robert Lewandowski yang diselesaikan menjadi gol pada menit ke-57. Serge Gnabry mencatatkan namanya dalam papan skor setelah mendapatkan bola kiriman Coman.

Benjamin Pavard sempat mencetak gol kelima Bayern pada menit ke-71, namun VAR menganurlinya karena Leroy Sane sudah dalam posisi offside sebelum gol tersebut. Kemenangan 4-1 memperpanjang catatan positif pasukan Hansi Flick menjadi empat kemenangan beruntun.

Pada pertandingan lain yang dimainkan dalam waktu bersamaan, Borussia Dortmund mengakhiri tren dua kekalahan beruntunnya setelah menang 3-1 atas tamunya Augsburg sehingga naik ke posisi kelima dengan 32 poin, sedangkan Augsburg  turun ke posisi ke-13 dengan 22 poin.

Baca juga: Stuttgart ukir kemenangan kandang pertama musim ini saat pukul Mainz

Augsburg unggul terlebih dahulu pada menit kesepuluh saat umpan silang Iago tertuju kepada Andre Hahn di depan gawang Dortmund. Ia kemudian memaksimalkan ruang yang ada untuk menaklukkan kiper Dortmund Marwin Hitz.

Dortmund balik menguasai permainan dan mendapat hadiah penalti ketika Iago dinyatakan memblok tembakan Gio Reyna dengan tangan di kotak penalti, namun eksekusi penalti Erling Haaland membentur mistar gawang. Dortmund baru menyamakan kedudukan pada menit ke-26 melalui sundulan Thomas Delaney setelah meneruskan tendangan sudut Marco Reus. Itu merupakan gol perdana Delaney dalam waktu dua tahun.

Dortmund berbalik unggul pada menit ke-63. Diawali bola lambung kiriman Raphael Guerreiro. bola dikejar Jadon Sancho yang dengan tenang menaklukkan kiper Rafal Gikiewicz. Itu merupakan gol ketiga Sancho di Liga Jerman musim ini.

Dortmund menyempurnakan kemenangan pada menit ke-75 ketika Haaland mengirimkan umpan tarik dari sisi kiri yang dibelokkan Felix Uduokhai masuk ke gawang sendiri.

Frankfurt ke posisi ketiga

Eintracht Frankfurt naik empat tingkat ke posisi ketiga klasemen Liga Jerman setelah menang 3-1 atas tamunya Hertha Berlin.

Frankfurt setidaknya untuk sementara menggeser Bayer Leverkusen yang baru bermain kemudian, untuk menghuni posisi ketiga dengan koleksi 33 poin. Kekalahan membuat Hertha Berlin kesulitan menjauhkan diri dari zona merah dan baru mengoleksi 17 poin untuk menghuni posisi ke-14.

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Tarung habis-habisan Leipzig dan Leverkusen

Seluruh gol pada laga itu tercipta pada babak kedua. Hertha memecah kebuntuan melalui gol Krzstof Piatek dengan memanfaatkan umpan Matheus Cunha pada menit ke-66 yang disamakan pada menit ke-66 oleh Andre Silva yang menanduk bola kiriman Filip Kostic.

Martin Hinteregger menanduk bola kiriman Almamy Toure untuk membawa Frankfurt berbalik unggul pada menit ke-85. Pada menit ke-95, Silva mengemas gol keduanya melalui keberhasilannya mengeksekusi penalti.

Union Berlin harus memperpanjang puasa kemenangan menjadi tiga pertandingan setelah ditahan imbang tamunya Borussia Moenchengladbach 1-1 sehingga tertahan pada posisi kedelapan dengan 29 poin, dan Gladbach turun ke posisi ketujuh dengan 32 poin.

Robin Knoche membawa Union memimpin pada menit ke-31 melalui sundulan kepalanya setelah memanfaatkan bola tendangan bebas. Pada menit ke-59, Alassane Plea menyamakan kedudukan melalui sepakannya dari tepi kotak penalti.

Schalke 04 menghentikan tren tiga kekalahan beruntunnya saat imbang 1-1 di markas Werder Bremen. Bagi Bremen, tambahan satu poin cukup membawa mereka naik ke posisi ke-11 dengan 22 poin, sedangkan Schalke masih terdampar di dasar klasemen dengan delapan poin.

Schalke memimpin terlebih dahulu melalui gol Omar Mascarrel setelah memanfaatkan assist Amine Harit pada menit ke-38. Harapan mendulang tiga poin buyar setelah dibobol  Kevin Moehwald pada menit ke-77. Bremen bahkan sempat menciptakan satu gol lagi melalui Maximilian Eggestein pada menit ke-94 namun tidak disahkan karena Theodor Gebre Selassie sudah lebih dulu offside.

Baca juga: Luka Jovic mengaku tidak beruntung selama berada di Real Madrid

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar