Jakarta (ANTARA) - Manajer Everton Carlo Ancelotti mengaku kaget dengan kondisi mental para pemainnya yang begitu buruk saat dipecundangi Newcastle United 0-2 dalam lanjutan Liga Inggris di Goodison Park, Liverpool, Sabtu.

"Saya pikir Newcastle menang karena memperlihatkan daya juang yang lebih di lapangan. Mereka lebih berkonsentrasi dan punya motivasi," katanya selepas laga dilansir laman resmi Everton.

"Itu semua adalah senjata utama bagi kami setiap memenangi pertandingan, yakni semangat, motivasi, konsentrasi dan ambisi," ujar Ancelotti menambahkan.

Baca juga: Callum Wilson pungkasi paceklik kemenangan Newcastle
Baca juga: Bawa Everton ke Liga Champions masih jadi motivasi utama Ancelotti


Menurut Ancelotti para pemainnya seperti melupakan itu semua tetapi ia tidak tahu apa muasalnya.

"Saya tidak tahu kenapa, tetapi itu alasan kekalahan kami, bukan perkara taktik atau kondisi fisik, tetapi mental. Apsek psikologis yang mempengaruhi penampilan kami," ujarnya.

"Saya kaget. Sampai saat ini kami memiliki rentetan penampilan bagus. Tetapi kami seharusnya tidak boleh lupa kenapa rentetan hasil bagus itu terjadi, yang ditopang daya juang bagus di lapangan," kata Ancelotti melengkapi.

Kekalahan melawan Newcastle membuat Everton tertahan di urutan keenam dengan koleksi 33 poin, sekaligus gagal memangkas jarak empat poin dari empat besar klasemen.

Everton selanjutnya akan bertandang ke markas Leeds United pada Rabu (3/2) pekan depan.

Baca juga: Palace perpanjang tren buruk Wolverhampton
Baca juga: Jesus kokohkan posisi Manchester City di puncak klasemen
Baca juga: Tuchel pede bisa pancing kemampuan terbaik Timo Werner

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021