Liga Inggris

Bungkam Burnley, Chelsea petik kemenangan perdana era Tuchel

Bungkam Burnley, Chelsea petik kemenangan perdana era Tuchel

Bek sayap Chelsea Marcos Alonso (tengah) mencetak gol kedua timnya ke gawang Burnley dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Minggu (31/1/2021). ANTARA/REUTERS/POOL/Andrew Couldridge.

Jakarta (ANTARA) - Chelsea memetik kemenangan perdana di era kepelatihan Thomas Tuchel saat membungkam Burnley 2-0 dalam laga pekan ke-21 Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu.

Alih-alih melunasi janjinya untuk mengoptimalkan kontribusi Timo Werner yang masih seret, kemenangan perdana Tuchel di Chelsea justru disokong oleh gol-gol dari dua pemain berposisi bek sayap yakni sang kapten Cesar Azpilicueta dan Marcos Alonso.

Chelsea merangsek naik ke peringkat ketujuh klasemen dengan koleksi 33 poin, sedangkan Burnley yang harus rela rentetan kemenangan kontra tim Big 6 berakhir kini melorot ke urutan ke-16 dengan 22 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Tuchel pede bisa pancing kemampuan terbaik Timo Werner

Tuan rumah hampir membuka keunggulan pada menit ke-16 melalui sebuah serangan balik yang diakhiri umpan Mason Mount ke arah Mateo Kovacic, tetapi tembakan penyelesaian pemain Kroasia itu masih mudah diamankan kiper Nick Pope.

Pada menit ke-29, Werner membuang sia-sia umpan tarik matang kiriman Callum Hudson-Odoi dan bola tembakannya bahkan tidak mencapai ke gawang.

Kebuntuan pecah lima menit jelang turun minum saat Azpilicueta merangsek membantu serangan Chelsea dan menaklukkan Pope di area tiang dekat ketika ia menyelesaikan umpan kiriman Hudson-Odoi.

Azpilicueta jadi pencetak gol pertama Chelsea di era Tuchel, sekaligus membawa The Blues memimpin atas Burnley hingga turun minum.

Lima menit memasuki babak kedua wasit Graham Scott sempat berkonsultasi dengan VAR atas dugaan Ben Mee melakukan pelanggaran handball di dalam kotak penalti, tetapi diputuskan tak ada tendangan penalti bagi tuan rumah.

Baca juga: Tuchel: Chelsea tidak perlu beraktivitas di bursa transfer Januari
Baca juga: Sean Dyche yakin Burnley dalam posisi bagus lakoni paruh kedua musim


Pada menit ke-58, Chelsea hampir menggandakan keunggulan mereka lewat sebuah serangan balik, tetapi tembakan Hudson-Odoi masih memantul badan Erik Pieters sebelum membentur tiang gawang.

Sedikitnya tiga peluang lain berlalu dari Chelsea sebelum akhirnya Alonso mampu menambah keunggulan mereka ketika berdiri bebas tanpa kawalan untuk menyambut umpan Christian Pulisic dengan tembakan voli ke gawang Burnley pada menit ke-84.

Burnley sepanjang laga mampu membukukan satu pun tembakan tepat sasaran dan hanya sekali melepaskan percobaan tembakan, sehingga tim besutan Sean Dyche itu patut pulang dengan tangan hampa dari Stamford Bridge.

Di pertandingan berikutnya Burnley akan main lebih awal pada Rabu (3/2) saat menjamu Manchester City di Turf Moor, sebelum Chelsea melakoni Derbi London di markas Tottenham Hotspur sehari berselang.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Manchester City unggul tiga poin di puncak
Baca juga: MU kembali kesulitan menjaga momentum
Baca juga: Arsenal masih akan buat kesepakatan sebelum bursa Januari tutup

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar