Baguna Kalsel salurkan bantuan korban banjir sasar ponpes

Baguna Kalsel salurkan bantuan korban banjir sasar ponpes

Baguna DPD PDI Perjuangan Kalsel salurkan bantuan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI untuk korban banjir di Kalsel. ANTARA/Handout/aa.

sore hingga malam hari sering terjadi banjir susulan
Banjarmasin (ANTARA) - Baguna sebagai perpanjangan tangan Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menyalurkan bantuan untuk korban banjir, kali ini menyasar pondok pesantren (Ponpes) di provinsi tersebut.

"Dengan menggunakan armada tiga unit mobil dan sebuah 'kelotok' (perahu bermotor) relawan Baguna Kalsel meluncur membawa bantuan berupa perlengkapan ibadah, perlengkapan tidur, peralatan sanitasi, obat-obatan dan sembako," ujar Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalsel Muhammad Syaripuddin SE MAP atau akrab dengan sapaan Bang Dhin yang juga Wakil Ketua DPRD provinsi setempat mengemukakan itu melalui pesan tertulis yang diterima ANTARA, Senin.

Ia menerangkan, relawan Baguna Kalsel turun dengan dua tim secara terpisah menyasar Ponpes, asrama santri dan masyarakat yang terdampak bencana banjir.

Baca juga: Legislator: Banjir Banjarmasin belum usai, perhatian jangan kendor
Baca juga: Peringatan lingkungan bagi Kalimantan Selatan


Pada titik pertama Baguna Kalsel menyerahkan bantuan kepada santri di Asrama Putra di Ponpes Darussalam Martapura (40 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota Kabupaten Banjar yang kondisi asramanya sangat memprihatinkan pascabanjir.

Titik kedua Baguna Kalsel mengunjungi Ponpes Arsyadi di Desa Dalam Pagar, Martapura, Kabupaten Banjar, yang juga sangat terdampak akibat banjir karena tinggi air mencapai pinggang orang dewasa.

Di lokasi ketiga, Baguna Kalsel menyambangi Ponpes Takhasus Dinniyah yang berlokasi di Jl. Handil Galam, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar.

Kemudian lanjut ke Ponpes Darul Falah di Desa Keladan Baru Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar dan Ketitik kelima menyalurkan ke Ponpes Nurul Islam di Desa Kurau, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Baca juga: KRI Teluk Hading bawa bantuan TNI AL untuk korban banjir Kalsel
Baca juga: Gubernur Khofifah berangkatkan kapal kemanusiaan usai sembuh COVID-19


Saat perjalanan pulang, Baguna Kalsel menyinggahi Posko Pengungsian di Kecamatan Bumi Makmur untuk menyalurkan bantuan berupa sembako, sanitasi dan obat-obatan bagi para pengungsi.

"Hingga Ahad (31/2) masyarakat masih menginap di Posko pengungsian dikarenakan debit air masih pasang surut dan meresahkan warga untuk kembali ke rumah, sebab dari sore hingga malam hari sering terjadi banjir susulan," ujarnya sembari mengutip keterangan warga masyarakat setempat.

Sebagaimana diketahui, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI juga turut prihatin atas bencana banjir yang melanda warga masyarakat Kalsel sehingga urunan/gotong royong untuk meringankan beban mereka yang terdampak dan penyalurannya melalui Baguna.

"Semoga banjir cepat surut dan kondisi ekonomi serta sosial masyarakat lekas pulih," ujar Kepala Baguna Kalsel Rizal Nagara.

Baca juga: ACT NTB ikhtiar kirim 1000 ton bantuan ke Sulbar dan Kalsel
Baca juga: TNI AL distribusikan bantuan ke lokasi masih tergenang di Kalsel

Pewarta: Gunawan Wibisono/Syamsuddin Hasan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BI Kpw Kalsel beri 500 paket bahan pangan untuk korban banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar