kami juga sudah berkoordinasi untuk mendatangkan alat berat
Bondowoso (ANTARA) - Jalur menuju kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen Bondowoso, Jawa Timur, Senin petang, terputus dan tertutup material akibat banjir bandang dan longsor setelah sebelumnya di wilayah itu diguyur hujan deras.

Banjir serta longsor yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB itu menyebabkan jalan rusak dan tertutup material longsor, tepatnya di Jembatan Kali Pahit, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

"Sesuai informasi yang kami terima dari Camat Ijen, memang demikian, banjir dan longsor menutup akses, baik menuju Kawah Ijen maupun sebaliknya," ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso Adi Sunaryadi saat dihubungi di Bondowoso, Senin malam.

Atas dasar informasi itu, kata dia, pihaknya telah mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD setempat ke lokasi banjir dan titik longsor yang mengakibatkan akses menuju wisata Ijen tertutup.

Baca juga: Longsor tidak pengaruhi kunjungan wisata di Bondowoso

Hingga saat ini Adi belum bisa memberikan keterangan secara detail mengenai dampak dari banjir dan longsor yang terjadi, karena petugas BPBD sedang dalam perjalanan ke lokasi.

Mengenai informasi kendaraan minibus yang terjebak banjir dan longsor yang menutup akses jalan di Jembatan Kali Pahit, katanya, masih dilakukan pengecekan.

"Kalau kendaraan terjebak itu, karena tidak bisa melintas akibat banjir dan longsor yang menutup jalan, saat ini kami juga sudah berkoordinasi untuk mendatangkan alat berat," katanya.

Baca juga: Longsor kembali tutup akses wisata Kawah Ijen Bondowoso
Baca juga: Pemkab Banyuwangi simulasi normal baru di objek wisata Kawah Ijen

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinariyanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021