Washington (ANTARA) - Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) "memantau dengan cermat" aktivitas di pasar perak baru-baru ini, kata penjabat ketua lembaga tersebut pada Senin (1/2/2021) ketika volatilitas di pasar sekuritas pekan lalu meluas ke dalam perdagangan logam mulia.

Harga perak melonjak ke level tertinggi dalam delapan tahun karena investor ritel masuk ke pasar dan mem-posting berlipat ganda di papan pesan media sosial Reddit yang sama di belakang hiruk pikuk pembelian saham GameStop Corp. minggu lalu.

Baca juga: Pasar Asia bersiap menguat ketika investor ritel menyerbu perak

CFTC "sedang berkomunikasi dengan sesama regulator, bursa, dan pemangku kepentingan untuk mengatasi potensi ancaman apa pun terhadap integritas pasar derivatif untuk perak, dan tetap waspada dalam mengawasi pasar ini untuk penipuan dan manipulasi," kata Ketua Rostin Behnam dalam sebuah pernyataan.

Melonjaknya harga saham GameStop, yang menunjukkan kenaikan hampir 400 persen minggu lalu, dan saham panas lainnya telah mendorong Gedung Putih, regulator utama sekuritas federal dan jaksa agung negara bagian untuk mengatakan mereka sedang memantau situasi.

Baca juga: Emas melonjak 13,6 dolar AS, terangkat pembelian perak terkoordinasi

Baca juga: Dolar AS sentuh level tertinggi 6 pekan saat euro, franc dan yen jatuh

Baca juga: Harga minyak melonjak di atas 2 persen, dipicu turunnya stok minyak AS


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021