Jakarta (ANTARA) - Pemangkasan skuat Arsenal terus berlanjut setelah secara permanan melepas Shkodran Mustafi yang kemudian resmi bergabung dengan klub Bundesliga Schalke 04.

Kontrak juara Piala Dunia tersebut akan berakhir pada Juni 2021. Tak ada opsi lagi bagi Arsenal selain melepaskannya pada bursa transfer musim dingin kali ini atau ia akan pergi dengan status bebas transfer. Pelatih Mikel Arteta mengatakan sebelum bursa transfer Januari dimulai, ia ingin melepaskan beberapa pemain yang tidak masuk dalam rencananya.

Mesut Ozil menjadi pemain berprofil tinggi yang meninggalkan Emirates Stadium. Mantan gelandang timnas Jerman itu bergabung dengan klub Turki Fenerbahce. Perginya Ozil telah meringankan beban klub dalam hal gaji pemain. 

Baca juga: Arsenal dan Mesut Oezil akhirnya pisah jalan 

Bek Sokratis Papastathopoulos bergabung dengan Olympiakos awal bulan ini setelah kontraknya diakhiri lebih cepat. William Saliba, Sead Kolasinac dan Matt Smith telah dipinjamkan, sedangkan Matt Macey bergabung dengan Hibernian secara permanen.

Mustafi belakangan dikaitkan dengan transfer ke Liverpool sebelum akhirnya memutuskan bergabung dengan Schalke 04.

Liverpool sangat membutuhkan pemain bertahan baru setelah Joe Gomez, Virgil van Dijk, Fabinho dan Joel Matip mengalami cedera serius.

Mustafi dilaporkan telah menjadi pertimbangan Liverpool, tetapi pelatih Jurgen Klopp mengalihkan perhatiannya ke Ben Davies dan Ozan Kabak dari Preston.

Baca juga: Liverpool boyong Davies dari Preston untuk atasi krisis bek 

Arteta mengatakan bahwa Arsenal akan mencoba untuk menyelesaikan beberapa kesepakatan sebelum bursa transfer Januari ditutup pada Senin waktu setempat atau Selasa WIB. 

“Kami telah memutuskan (siapa yang akan pergi hari ini) dan kami sedang mengerjakannya."

“Anda akan tahu sebelum jam 11 malam. Saya tidak dapat berbicara tentang pemain individu mana pun. Apa yang ingin kami lakukan, percakapan yang kami lakukan, berbagai alasan - mari kita lihat apakah kita bisa menyelesaikan sesuatu malam ini."

Setelah konfirmasi kesepakatan, Arteta memberikan penghormatan kepada Mustafi.

Baca juga: Arsenal masih akan buat kesepakatan sebelum bursa Januari tutup 

"Musti telah menjadi pemain kunci kami untuk jangka waktu yang lama," kata pelatih berpaspor Spanyol itu di situs resmi klub, seperti dikutip Goal pada Selasa.

"Ia memainkan peran yang sangat penting di musim pertama saya sebagai pelatih dan saya ingin berterima kasih atas profesionalismenya karena selalu siap saat dipanggil. Semua orang di Arsenal mendoakan Musti sukses di Schalke 04."

Arsenal juga telah mengucapkan salam perpisahan kepada pemainnya tersebut melalui sebuah pernyataan resmi.

"Shkodran Mustafi bergabung ke klub Bundesliga Schalke 04 dengan transfer permanen. Pemenang Piala Dunia berusia 28 tahun itu bergabung dengan kami dari Valencia pada Agustus 2016 dan sejak itu menjadi bagian penting dari lini belakang kami. Ia membuat 151 penampilan selama waktunya di klub," pungkas Arteta. 

Baca juga: Mikel Arteta enggan lepas Shkordan Mustafi di bursa transfer Januari 
Baca juga: Arsenal tanpa Mustafi awali musim baru 

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021