Jakarta (ANTARA) - Nino Kayam atau yang dikenal dengan Nino RAN berpesan kepada para calon anggota dan personel girlband GIRLS GIRLS agar bisa mempertahankan keutuhan grupnya.

Nino memulai debutnya sebagai penyanyi bersama grup musik RAN yang terdiri dari tiga orang. Baginya, bernyanyi dan kompak di atas panggung tidak akan cukup untuk menjaga keharmonisan sebuah kelompok.

"Kompromi di grup itu penting banget. Pasti akan ada waktu di mana kita ngerasa gue penginnya begini, tapi di grup harus begitu," kata Nino dalam peluncuran audisi GIRLS GIRLS, Selasa.

"Pokoknya nanti harus bisa, kalau misalnya enggak sesuai keinginan kita, ini yang terbaik buat grup. Karena nyatuin itu terdengar simpel tapi butuh proses juga, kalau bisa berkompromi pasti bisa bertahan lama," imbuh Nino.

Produser dan pencipta lagu ini juga mengatakan ketidakharmonisan sebuah grup musik akan dapat dirasakan oleh pendengar musik.

"Kalau enggak kompak di luar atau ada yang salah dengan grupnya, pasti akan terlihat walau sedikit, itu akan buruk jadi jangan sampai," ujar Nino.

Dalam sebuah grup musik, biasanya tiap personel memiliki kelebihan masing-masing. Akan tetapi jika ada satu orang yang ingin terlihat lebih menonjol maka bisa menjadi sebuah masalah bagi yang lain.

"Di sebuah grup memang harus ada yang stand out tapi enggak boleh ngerasa paling bagus, jadi bagaimana caranya lo bisa membuat grup lo itu bagus karena di situ ada lo dan teman-teman lo," kata Nino.


Baca juga: Cerita Nino RAN patah hati lewat single "Pergilah"

Baca juga: Cerita di balik sampul album debut RAN, ngumpet-ngumpet dari satpam

Baca juga: Nino RAN bersyukur kanker Vidi Aldiano dideteksi dini

 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021