Jakarta (ANTARA) - Dua gol yang diukir Cristiano Ronaldo mengamankan kemenangan 2-1 Juventus atas Inter Milan pada pertandingan leg pertama semifinal Piala Italia di Giuseppe Meazza, Milan, Rabu dini hari WIB.

Tuan rumah Inter memimpin lebih dahulu melalui gol Lautaro Martinez pada menit kesembilan. Megabintang Ronaldo menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti pada menit ke-26 sebelum mencetak gol lainnya pada menit ke-35 untuk membalikkan keadaan, demikian catatan laman resmi Piala Italia.

Kedua tim baru bertemu dalam pertandingan Liga Italia 16 hari silam di mana Inter menang 2-0 di tempat yang sama. Nerrazurri tidak diperkuat Romelu Lukaku dan Achraf Hakimi yang terkena skorsing, sedangkan Juve tidak dapat memainkan Paulo Dybala dan Aeron Ramsey.

Inter unggul lebih dulu melalui gol yang lahir dari kerja sama apik. Nicolo Barella bergerak di sisi kanan untuk mengoper Martinez yang mampu mencuri posisi dari Matthijs de Ligt untuk menaklukkan kiper veteran Gianluigi Buffon.

Juventus kemudian mendapat hadiah penalti setelah wasit melakukan tinjauan VAR terhadap pelanggaran Ashly Young terhadap Juan Cuadrado. Ronaldo yang menjadi algojo tidak membuang peluang untuk menyamakan kedudukan.

Baca juga: Napoli hancurkan Spezia 4-2 untuk melaju ke semifinal Piala Italia

Inter memberikan gol kedua kepada tamunya ketika terjadi miskomunikasi antara Alessandro Bastoni dan kiper Samir Handanovic. Sang kiper telah berada di luar kotak penalti dan Ronaldo mencuri bola dari sang pemain bertahan untuk melepaskan tembakan ke sudut jauh gawang yang kosong.

Gelandang Inter Arturo Vidal mendapat kartu kuning akibat tekelnya terhadap Ronaldo sehingga dipastikan absen pada leg kedua.

Sepakan Ashley Young dapat ditepis Buffon dan sepakan Federico Bernardeschi yang terbelokkan badan lawan dapat didorong Handanovic ke dekat tiang dekat. Namun saat Rodrigo Bentancur dan pertahanan Juve hampir mengulangi kesalahan Inter, sepakan Alexis Sanchez disapu sebelum melintasi garis gawang oleh Merih Demiral.

Buffon yang memainkan pertandingan profesionalnya yang ke-1.000 pada level klub dan nasional, melakukan penyelamatan sensasional untuk menggagalkan peluang Matteo Darmian ketika sudah berhadapan satu lawan satu.

Barella melepaskan sepakan voli melebar dan Christian Eriksen tidak mampu memaksimalkan kesalahan barisan pertahanan Juventus. Alexis Sanchez kemudian mendapat kartu kuning karena melanggar Federico Chiesa. Dia dipastikan absen pada leg kedua 9 Februari nanti di Turin.

Baca juga: Juventus menang besar 4-0 atas SPAL untuk tantang Inter di semifinal

Susunan pemain:

Inter Milan (3-5-2): Samir Handanovic, Alessandro Bastoni (Andrea Pinamonti 86'), Stefan de Vrij, Milan Skriniar, Arturo Vidal (Christian Eriksen 72'), Marcelo Brozovic (Stefano Sensi 86'), Matteo Darmian, Ashley Young (Ivan Perisic 66'), Lautaro Martinez, Alexis Sanchez
Pelatih: Antonio Conte

Juventus (4-4-2): Gianluigi Buffon, Sandro Alex Ferreira, Merih Demiral, Matthijs de Ligt, Juan Cuadrado, Rodrigo Bentancur (Arthur 76'), Federico Bernardeschi (Danilo 69'), Adrien Rabiot, Weston McKennie (Giorgio Chiellini 89'), Dejan Kulusevski (Federico Chiesa 89'), Cristiano Ronaldo (Alvaro Morata 76')
Pelatih: Andrea Pirlo

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021