Venezuela akan kirim lebih banyak oksigen ke Brazil karena COVID-19

Venezuela akan kirim lebih banyak oksigen ke Brazil karena COVID-19

Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyemprotkan disinfektan setelah memberikan keterangan media menyusul kemenangan Partai Sosialis pada pemilu legislatif yang di boykot pihak oposisi di Karakas, Venezuela, Selasa (8/12/2020). REUTERS/Manaure Quintero/WSJ/djo (REUTERS/MANAURE QUINTERO)

Segalanya mungkin bila ada solidaritas, persaudaraan, perdamaian dan cinta antara masyarakat, dan dalam hal ini ada, antara rakyat Brazil dan Venezuela
Caracas (ANTARA) - Venezuela akan mengirim pengiriman oksigen lebih banyak untuk membantu negara tetangganya Brazil merawat pasien COVID-19, kata Presiden Nicolas Maduro pada hari Selasa, setelah mengirim konvoi truk berisi oksigen ke kota Manaus di Amazon bulan lalu.

Maduro, seorang sosialis, memiliki hubungan tidak harmonis dengan Presiden Brazil Jair Bolsonaro, yang mengatakan pada Januari bahwa oksigen Venezuela diterima tetapi Maduro harus fokus membantu rakyat Venezuela.

Maduro mengatakan pada hari Selasa bahwa tiga truk saat ini sedang memuat oksigen yang diproduksi oleh perusahaan baja milik negara Venezuela, Sidor. Dua akan dikirim ke negara bagian Amazonas utara Brazil, sementara satu akan dikirim ke negara bagian Roraima, katanya.

"Segalanya mungkin bila ada solidaritas, persaudaraan, perdamaian dan cinta antara masyarakat, dan dalam hal ini ada, antara rakyat Brazil dan Venezuela," kata Maduro.

Dia menambahkan bahwa pengiriman lebih lanjut dapat tiba "setiap saat" atau setiap pekan, sesuai dengan kebutuhan Brazil.

Wabah di wilayah Amazon Brazil sangat parah. Para dokter di rumah sakit yang dibanjiri di ibu kota negara bagian, Manaus, mengatakan pasien harus berbagi tabung dan beberapa meninggal karena kekurangan oksigen.

Brazil telah melaporkan sekitar 9,2 juta kasus COVID-19 yang dikonfirmasi, jumlah korban tertinggi ketiga di dunia.

Sekitar 225.099 orang Brazil telah meninggal karena penyakit tersebut, terbanyak di negara mana pun selain Amerika Serikat.

Sumber : Reuters

Baca juga: Trump perintahkan penghentian 18 bulan pindahkan warga Venezuela

Baca juga: Blinken: Biden akan akui Guaido sebagai pemimpin Venezuela

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Paradoks Venezuela, negara penghasil minyak yang kekurangan BBM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar