Disdukcapil Padang luncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Disdukcapil Padang luncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Petugas Disdukcapil Kota Padang saat memberi panduan kepada salah seorang warga yang ingin mencetak KTP Elektronik di mesin ADM pada Rabu di Padang (3/2). (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani))

Padang (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat dengan meluncurkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang bisa mencetak KTP dan beberapa dokumen kependudukan lainnya secara langsung.

Plt Kepala Disdukcapil Kota Padang Edi Hasmi di Padang, Rabu, mengatakan ada 24 layanan yang bisa dicetak dengan mesin ADM tersebut.

"Penggunaan mesin ADM ini hanya perlu menggunakan barcode yang ada di email, maka akan keluar 24 layanan yang bisa dicetak langsung dari mesin itu, " ucapnya.

Baca juga: Disdukcapil Padang tutup pelayanan dokumen kependudukan cegah COVID-19

Ia mengingatkan email yang digunakan harus email aktif, karena ketika memasukkan data secara online di onlinedisdukcapil.padang.go.id akan ada balasan ke email berupa barcode yang nantinya akan di scan ke mesin ADM.

Edi menyebutkan mesin ADM baru tersedia satu di Padang dan saat ini mesin itu sedang masa uji coba untuk dievaluasi kelebihan dan kekurangannya supaya ke depan bisa lebih lancar.

Untuk penggunaan mesin akan ditunjuk petugas yang mengawasi dan memandu masyarakat dalam mencetak dokumen kependudukan. Pengadaan mesin dari dana APBD Kota dan harga pembelian mesin ADM itu sebesar Rp200 juta.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Padang Fauzan Ibnovi mengatakan dalam sehari mesin ADM bisa mencetak 500 dokumen kependudukan jika dihitung dari jam kerja dan lamanya masyarakat menggunakan mesin tersebut.

"Jika dihitung dari waktu mencetak satu dokumen, yakni paling lama dua menit, maka bisa mencetak 1.800 dokumen per hari, namun jika dilihat dari pola masyarakat mulai mendatangi Dukcapil dan masuk ke ruangan mesin ADM hingga menggunakan mesin itu, sehari bisa mencetak 500 dokumen," ujar dia.

Baca juga: Tiga sekolah di Padang jadi percontohan sekolah penggerak Kemendikbud

Baca juga: Polisi ribuan kali bubarkan kerumunan saat akhir pekan di Sumbar


Ia mengatakan masyarakat yang sudah menerima email dari Dukcapil bisa datang untuk mencetak dokumennya di mesin ADM. Untuk yang mencetak KTP elektronik dan Kartu Identitas Anak (KIA) akan menerima balasan email berupa barcode, sedangkan dokumen lainnya berupa kode PIN.

"Masyarakat yang ingin mencetak bisa datang ke lokasi mesin ADM sesuai hari kerja, dari Senin sampai Jumat," ucapnya.

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jambi dapat bantuan dua unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar