Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang menerima 6.465 mahasiswa baru pada 2021 lewat tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTN) dan seleksi mandiri.

"Untuk jalur SNMPTN kuotanya sebanyak 1.941 orang atau 30 persen, SBMPTN 2.586 orang atau 40 persen dan seleksi mandiri 1.938 orang atau 30 persen," kata Rektor Unand Prof Yuliandri di Padang, Rabu.

Menurut dia untuk jalur SNMPT berdasarkan nilai rapor di SMA/MA/SMK dan prestasi lain yang relevan dengan bidang studi yang dipilih.

"Syaratnya adalah siswa SMA sederajat yang memiliki prestasi unggul memiliki nomor induk siswa nasional (NISN) dan terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa," ujarnya.

Baca juga: Epidemiolog: Jaga kebersihan lingkungan antisipasi virus Nipah

Baca juga: Unand kirim tim medis bantu korban gempa Sulawesi Barat


Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN dan salah satunya harus di PTN pada provinsi yang sama dengan domisili.

"Pendaftaran SNMPTN dimulai 15-24 Februari 2021 dan hasilnya diumumkan pada 22 Maret 2021," kata dia.

Sementara untuk jalur SBMPTN harus telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer yang pendaftarannya dimulai pada 15 Maret-1 April 2021 diawali dengan registrasi akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Materi UTBK meliputi tes potensi skolastik, tes kompetensi akademik dan dilaksanakan dalam dua gelombang.

"Gelombang pertama 12-18 April 2021 dan gelombang kedua 26 April-2 Mei 2021 dan pengumuman hasil pada 14 Juni 2021," kata dia.

Peserta UTBK dipungut biaya Rp200 ribu untuk kelompok saintek dan sosial humaniora dan Rp300 ribu untuk kelompok campuran.

Persyaratan mengikuti UTBK adalah lulusan SMA sederajat 2019, 2020 dan 2021 dan dapat memilih dua program studi.

Terakhir untuk seleksi mandiri digelar melalui empat jalur yaitu kemampuan akademik, prestasi unggul, kebutuhan khusus dan kerja sama.

Untuk prestasi unggul mulai dari pernah menjuarai lomba tingkat nasional atau internasional atau juara provinsi tiga kali berturut-turut.

Selain itu juga dibuka jalur hafiz Al Quran minimal 20 juz dan juara prestasi minat dan bakat, ujarnya.

Ia menambahkan pada 2020 jurusan paling diminati calon mahasiswa lewat SBMPTN adalah sistem informasi dengan angka keketatan 36,26 yang artinya satu orang harus bersaing dengan 36 lainnya.

Sedangkan untuk kelompok sosial humaniora jurusan manajemen 29,02 dan ilmu komunikasi 27,79.

Jadwal lengkap seleksi mandiri akan disampaikan pada laman pmbm.unand.ac.id.*

Baca juga: Unand luncurkan program kampus merdeka untuk nagari mandiri

Baca juga: Unand bimbing petani gambir terapkan kesehatan dan keselamatan kerja

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021