Kunjungan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo ke Gedung Kejaksaan Agung kali ini terasa beda.
Jakarta (ANTARA) - Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengatakan kunjungan silaturahmi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo ke Kejaksaan Agung, Rabu, menjadi modal untuk bisa meningkatkan kerja sama kedua lembaga penegak hukum dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun dalam penegakan hukum.

"Tentunya, modal kami silaturahmi ini adalah modal untuk bisa bekerja sama lebih baik lagi dari yang sudah-sudah. Ini sudah kami lakukan sejak beliau sebelum jadi Kapolri. Hari ini adalah tonggak sinergitas kami lebih ditingkatkan lagi. Itu makna kehadiran beliau hari ini," ujar Burhanuddin di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu.

Pihaknya sangat senang mendapatkan kunjungan Kapolri Sigit pada hari ini.

Menurut dia, Listyo Sigit sebenarnya sudah sering mengunjungi Gedung Kejaksaan Agung. Akan tetapi, kunjungan kali ini terasa berbeda.

"Beliau sebenarnya sudah sering ke sini tetapi kapasitasnya lain. Hari ini suatu kebahagiaan bagi saya, beliau datang ke sini dalam kapasitas sebagai Kapolri," kata Burhanuddin.

Baca juga: Kapolri-KASAD sepakat tingkatkan sinergi jaga stabilitas kamtibmas

Kapolri Sigit mengamini bahwa pihaknya sudah sering datang ke Kantor Kejaksaan Agung tetapi dalam konteks kegiatan koordinasi terkait dengan masalah pekerjaan.

"Meski demikian, hari ini selaku Kapolri baru tentu saya harus sowan ke beliau," kata Listyo Sigit.

Dalam kunjungan silaturahmi ini, Kapolri didampingi Wakil Kabareskrim Polri Irjen Pol. Wahyu Hadiningrat, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, Kepala Divisi Hukum Polri Irjen Pol. Fiandar, Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo, dan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi.

Sepekan sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit sudah melakukan kunjungan silaturahmi ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), PP Muhammadiyah, Rabithah Alawiyah, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kapolri juga melakukan kunjungan ke Markas Besar TNI menemui Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dilanjut dengan pertemuan dengan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Setelah itu, Kapolri Sigit mengunjungi Mahkamah Agung bertemu dengan Ketua MA Muhammad Syarifuddin.

Baca juga: Ketua MA bahas pertukaran data antarpenegak hukum berbasis teknologi

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021