Menlu Hongaria dijadwalkan kunjungi Indonesia, bahas proyek investasi

Menlu Hongaria dijadwalkan kunjungi Indonesia, bahas proyek investasi

Duta Besar Hongaria untuk Indonesia Judit Pach dalam wawancara khusus dengan ANTARA, yang dilakukan secara virtual, Rabu (3/2/2021). (ANTARA/Suwanti)

Dan saya kira mereka juga akan membahas bagaimana kita dapat mempercepat pembentukan dana (investasi) dan menyasar pada proyek-proyek yang belum sempat dibicarakan, kebanyakan dalam bidang infrastruktur
Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto dijadwalkan melakukan kunjungan ke Indonesia dalam beberapa waktu mendatang, salah satunya untuk membahas proyek pendanaan investasi kedua negara, menurut Duta Besar Hongaria untuk Indonesia Judit Pach.

"Saat ini kami tengah mempersiapkan kunjungan menteri luar negeri ke Indonesia, yang diharapkan akan berlangsung dalam dua pekan mendatang, dan beliau akan mengadakan pertemuan bilateral tingkat tinggi dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi," kata Pach dalam wawancara khusus dengan ANTARA, Rabu.

Namun, kata Pach, belum ada tanggal pasti untuk kunjungan tersebut karena saat ini pihaknya masih mendiskusikan hal itu dengan Kementerian Luar Negeri RI.

"Dan saya kira mereka juga akan membahas bagaimana kita dapat mempercepat pembentukan dana (investasi) dan menyasar pada proyek-proyek yang belum sempat dibicarakan, kebanyakan dalam bidang infrastruktur," ujar dia menambahkan.

Pada awal 2020, Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban melakukan lawatan resmi ke Indonesia untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Dari pertemuan tersebut, keduanya sepakat untuk membentuk dana investasi bersama sebesar 500 juga dolar AS (Rp7 triliun).

"Sekarang kami masih dalam tahap mendiskusikan pendanaan ini [...] karena untuk menyiapkan dana sebesar itu akan perlu waktu yang panjang, dan baik pihak Hongaria maupun Indonesia saat ini terkendala oleh pandemi COVID-19 di mana kami harus mengarahkan ulang sumber daya," kata Pach.

Kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hongaria telah dijalankan dalam sejumlah bidang, di antaranya pada 2019 Hongaria menyelesaikan proyek besar pengadaan air bersih di 36 lokasi di Indonesia.

Kemudian baru-baru ini, perusahaan Roatex asal Hongaria diumumkan sebagai pemenang tender pembangunan sistem pembayaran elektronik (Multi Lane Free Flow/MLFF) untuk jalan tol di Indonesia.


Baca juga: Jasa Marga dan Telkom akan digandeng Roatex Hongaria dalam tol MLFF

Baca juga: Roatex Hongaria menang tender tol MLFF, PUPR: Implementasi mulai 2022

Pewarta: Suwanti
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

RI-Hungaria sepakati proyek sistem pembayaran tol hingga sawit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar