Liga 1 Indonesia

Polri: Liga 1 dan 2 Indonesia mungkin bisa dilaksanakan pada 2021

Polri: Liga 1 dan 2 Indonesia mungkin bisa dilaksanakan pada 2021

Dokumentasi - Menpora Zainudin Amali (kanan) didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) berbincang dalam rapat terkait penyelenggaraan kompetisi sepakbola nasional di Jakarta, Selasa (29/9/2020). PSSI menunda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 selama satu bulan dari jadwal lanjutan yang seharusnya digelar mulai 1 Oktober 2020 menjadi November 2020 setelah tidak mendapat izin keamanan dari Polri karena situasi pandemi virus corona di Indonesia yang belum membaik. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Tolong bersurat ke Mabes Polri, mengajukan kegiatan olahraga
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyatakan bahwa Liga 1 dan Liga 2 Indonesia kemungkinan bisa dilaksanakan pada tahun 2021 di tengah pandemi COVID-19.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kerja Sama Baintelkam Polri Kombes Polisi Budi Sajidin dalam seminar daring yang diikuti di Jakarta, Rabu.

"Kemarin saya mendapatkan informasi dari Asisten Operasi Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto yang menyatakan bahwa kegiatan liga sepak bola kemungkinan bisa dilaksanakan. Ini sudah dipertimbangkan," ujar Budi.

Baca juga: LIB: turnamen pramusim tergantung izin Polri

Meski demikian, dia mengingatkan kembali bahwa pelaksanaan liga wajib menaati protokol kesehatan ketat demi mencegah COVID-19.

Salah satu permintaan Polri adalah semua pertandingan berlangsung tanpa penonton.

"Pada prinsipnya, kami sayang kepada masyarakat. Kami ingin kegiatan ini maju dan bisa berkompetisi kembali," tutur Budi.

Pernyataan Budi jadi semacam angin segar bagi PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) karena sebelumnya Polri sama sekali tidak memberikan izin untuk menggelar Liga 1 dan 2 yang membuat musim 2020 terpaksa dihentikan total.

Menurut Budi, Polri ketika itu belum memberikan izin karena mereka menaati peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan telegram Kapolri.

Namun, setelah berdiskusi dengan banyak pihak termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang turut berkomunikasi dengan Polri, Budi menyebut Polri siap memberikan izin pelaksanaan liga.

Baca juga: Menpora bantu PSSI berkomunikasi dengan Polri terkait Liga 1 dan 2

Hal ini berlaku pula untuk cabang olahraga lainnya. Budi pun mengingatkan, seperti sepak bola, cabang-cabang olahraga lain juga harus mengajukan permohonan izin dan melampirkan beragam kelengkapan administrasi terutama dalam kaitan pencegahan COVID-19.

"Tolong bersurat ke Mabes Polri, mengajukan kegiatan olahraga. Lampirkan persyaratan-persyaratan protokol kesehatan ketat dan dilampirkan pula surat dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19, rekomendasi KONI dan Menpora, agar nanti dibahas di Mabes Polri," tutur Budi.

LIB sendiri berencana menggelar Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021 setelah Hari Raya Idul Fitri.

Sebelum itu, jika izin Polri sudah keluar, PSSI dan LIB berencana melangsungkan kompetisi pramusim sebelum Lebaran.

Baca juga: Beto: Tidak masuk akal Indonesia tanpa liga
Baca juga: Kalangan akademisi berharap kompetisi sepak bola kembali bergulir

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Arema FC perkenalkan pelatih baru, janjikan tim di papan atas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar