Gubernur Khofifah pastikan vaksinasi di Jatim berjalan lancar

Gubernur Khofifah pastikan vaksinasi di Jatim berjalan lancar

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Wali Kota Madiun Maidi meninjau pelayanan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Oro-Oro Ombo, Kota Madiun, Rabu (3/2/2021). (ANTARA/Louis Rika)

Madiun (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya berjalan lancar dengan meninjau sejumlah pelayanan vaksin tersebut di beberapa daerah.

"Hari ini pemantauan dan memastikan proses vaksinasi berjalan lancar dan bisa mencapai target. Hal itu ingin kami dapatkan langsung informasinya di lapangan," ujar Gubernur Khofifah saat meninjau layanan vaksinasi di Madiun, Rabu.

Terdapat dua titik layanan vaksin yang ditinjau Gubernur dalam kunjungannya di Madiun, yaitu di Puskesmas Mojopurno Kabupaten Madiun dan Puskesmas Oro-Oro Ombo Kota Madiun.

Di Puskesmas Mojopurno, jumlah penerima vaksin mencapai 18 orang, terdiri dari 14 orang tenaga kesehatan puskesmas dan empat orang apoteker.

Baca juga: Ombudsman Jatim beri catatan vaksinasi COVID-19 di Surabaya

Baca juga: Kapolda Jatim-Pangkoarmada II jalani vaksinasi COVID-19


Selanjutnya, Khofifah beserta rombongan melanjutkan perjalanan meninjau Puskesmas Oro-Oro Ombo Kota Madiun. Pada puskesmas tersebut, jumlah penerima vaksin sebanyak 25 orang dari unsur tenaga kesehatan, apoteker, dan klinik swasta.

Kepada petugas, Mantan Mensos RI tersebut menanyakan bagaimana proses pelayanan vaksinasi COVID-19 di puskesmas setempat. Hal tersebut dilakukan guna memastikan vaksinasi di wilayah Jatim dapat berjalan dengan lancar.

Tak hanya menyapa tenaga kesehatan yang divaksin, Khofifah juga menyapa petugas di ruang pendaftaran, tempat skrining, tempat vaksinasi, ruang tunggu, dan observasi.

"Dari pemerintah pusat, vaksin ini sudah ada peruntukannya. Setiap tahapan vaksin yang masuk didistribusikan sesuai dengan data yang diterima Kementerian Kesehatan," kata Khofifah.

Dari evaluasi kunjungan di beberapa fasyankes di Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, dan Madiun, semuanya berjalan dengan aman dan harapannya tidak ada kasus Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (KIPI).

"Alhamdulillah sampai hari ini kita belum menemukan dampak KIPI yang serius," katanya.

Dalam kunjungannya ke Madiun, Gubernur Khofifah sebelumnya meresmikan Rumah Sakit Lapangan di Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Gubernur Jatim didampingi oleh Sekda Provinsi Jatim, Kasdam V Brawijaya, Wakapolda Jatim, Bupati Madiun, Wali Kota Madiun, Forkopimda Kota dan Kabupaten Madiun, dan jajaran OPD terkait di tingkat provinsi dan Kota/kabupaten Madiun.*

Baca juga: Pemprov Jatim dorong langkah percepatan vaksinasi

Baca juga: Gubernur Khofifah berangkatkan kapal kemanusiaan usai sembuh COVID-19

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksin Sinovac 94 persen efektif cegah COVID-19 bergejala

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar