13 penginapan di Kepulauan Seribu jadi tempat isolasi COVID-19

13 penginapan di Kepulauan Seribu jadi tempat isolasi COVID-19

Simulasi pemberangkatan wisatawan ke Kepulauan Seribu. Sejumlah wisatawan berjalan menuju kapal di dermaga penumpang Marina Ancol, DKI Jakarta, Sabtu (13/6/2020). Simulasi pemberangkatan wisatawan ke Kepulauan Seribu merupakan upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menggeliatkan usaha pariwisata saat pandemi virus corona (COVID-19). ANTARA/Fauzi Lamboka

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 13 penginapan (homestay) di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, menjadi tempat isolasi untuk pasien COVID-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu Puji Astuti menyatakan satu penginapan di Pulau Untung Jawa, empat di Pulau Tidung, lima di Pulau Harapan, dua di Pulau Kelapa dan satu di Pulau Panggang menjadi tempat isolasi.

"Penginapan isolasi pasien COVID-19 untuk OTG ini merupakan usulan dari masing-masing kelurahan dan Ouskesmas yang diajukan ke Bupati Kepulauan Seribu," kata Puji di Jakarta, Rabu.

Puji menjelaskan pihaknya telah melakukan pengecekan penginapan maupun pengumpulan kelengkapan administrasinya sebelum tempat itu bisa digunakan untuk tempat isolasi terkendali.

"13 penginapan diusulkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana DKI Jakarta melalui Dinas Parekraf DKI untuk biaya sewa homestay dan makan pasien selama isolasi mandiri," kata Puji.

Baca juga: 479 tenaga kesehatan di Kepulauan Seribu telah divaksin COVID-19
Baca juga: Forkompimda Kepulauan Seribu gelar operasi yustisi di permukiman


Pemprov DKI Jakarta pada Selasa (2/2) telah menambah tempat tidur isolasi dan tempat tidur ICU dalam penanganan COVID-19 di 101 rumah sakit (RS) rujukan.

Untuk tempat tidur isolasi sejumlah 8.081 dengan persentase keterisiannya sebesar 80 persen, dengan total pasien isolasi sebanyak 6.439 orang.

Sedangkan untuk tempat tidur ICU sejumlah 1.116 unit yang memiliki persentase keterisian sebesar 79 persen, dengan total pasien ICU sebanyak 886 orang.
Baca juga: Polres Kepulauan Seribu sosialisasi penggunaan masker untuk wisatawan
Baca juga: Kepulauan Seribu aktifkan tempat isolasi COVID-19 di permukiman

Pewarta: Fauzi
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tim gabungan Polri cari korban dan puing pesawat Sriwijaya Air

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar