TNI AL motivasi masyarakat Papua peduli protokol kesehatan

TNI AL motivasi masyarakat Papua peduli protokol kesehatan

Prajurit TNI AL Komando Armada III melakukan edukasi masyarakat disiplin protokol kesehatan di Papua, Rabu (3/2). (ANTARA/HO- Komando Armada III)

Sorong (ANTARA) - Prajurit TNI AL jajaran Pangkalan Komando Armada III memotivasi masyarakat Papua guna lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Penerangan atau Kadispen Komando Armada III, Kolonel Laut Abdul Kadir di Sorong, Rabu, mengatakan bahwa segenap prajurit TNI Angkatan Laut yang bertugas di jajaran Komando Armada III menyosialisasikan dan memotivasi masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan serta tidak berkerumun.

Dia mengatakan bahwa jajaran Komando Armada III di wilayah Provinsi Papua mengerahkan 90 personel untuk menyosialisasikan dan memotivasi secara persuasif masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Polres Banjarnegara ajak warga disiplin pakai masker

Selain itu, kata dia, dilaksanakan pula pemeriksaan rapid antigen, pembagian masker, dan penertiban kerumunan masyarakat di wilayah Jayapura, Merauke, Biak, Nabire, Serui, Mimika dan Asmat.

Menurut dia, edukasi masyarakat disiplin protokol kesehatan tersebut dilaksanakan setiap hari hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian hari.

Ia menjelaskan, edukasi masyarakat di Jayapura dilaksanakan oleh Lantamal X dengan membagikan masker dan menertibkan kerumunan masyarakat di Taman Imbi, dan Jl. Argapura.

Sedangkan di Kabupaten Merauke pembagian masker dilaksanakan di Jl. Protokol Kompleks Polder, Pelabuhan Umum, dan Pasar Wamunggu Nafi oleh Lantamal XI.

Baca juga: Kapolda Metro dan Pangdam Jaya cek prokes di dua pasar Jakarta Barat

Edukasi di Kabupaten Biak dilakukan oleh Lanal Biak dengan memotivasi secara persuasif membagikan masker, dan menertibkan kerumunan masyarakat di Pasar lama dan Pasar Ikan.

Dikatakan bahwa kegiatan edukasi di Kabupaten Nabire melaksanakan disiplin protokol kesehatan di Pelabuhan Express Bahari.

Selanjutnya, Prajurit Lanal Timika juga melaksanakan operasi yang sama di RSUD Timika, RS Charitas, Pertigaan Hotel Hirizon Diana, Bundaran SP 2, Bundaran Perdamaian Timika Indah, dan Pelabuhan Perikanan Poumako dan juga di Pelabuhan Kabupaten Asmat.

"Edukasi masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan dilakukan dengan satu tujuan memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona di Papua," ujarnya.

Baca juga: "Jakarta Bermasker" sasar pedagang Pasar Pluis tegakkan prokes
Baca juga: DPRD ingatkan Gubernur NTB tak main-main soal prokes COVID-19
Baca juga: Dokter Paru: Patuhi protokol kesehatan saat PPKM

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemendagri sebut 3 hal hambat pembangunan wilayah Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar