Komcad bagian integral dalam sistem pertahanan kita
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyebutkan Komponen Cadangan (Komcad) merupakan bagian integral dalam sistem pertahanan yang perlu diperkuat bersamaan dengan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI.
 
"Komcad sebagai subsistem pertahanan RI adalah bagian yang integral dalam sistem pertahanan kita yang perlu diperkuat bersamaan dengan modernisasi alutsista," kata Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Jakarta, Kamis.
 
Dahnil mengatakan hal itu menanggapi pernyataan anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin yang lebih memilih meningkatkan alutsista TNI dibandingkan pembentukan Komcad.
 
Menurut dia, Komcad sudah menjadi pekerjaan rumah atau "PR" lama sekali bagi Indonesia yang tak kunjung dibentuk secara formal dengan sistem yang baik.
 
Saat ini, lanjut Dahnil, UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara sudah jelas
 
Bagi Indonesia, ujar Dahnil, perang (dengan cara militer, Red) adalah perang yang ditujukan untuk menjaga keutuhan wilayah dan menegakkan kedaulatan NKRI serta untuk menjaga keselamatan bangsa.
 
"Bukan untuk melakukan invasi atau agresi militer terhadap negara lain," katanya pula.
 
Sementara itu, pembangunan kekuatan pertahanan suatu negara akan sulit dilakukan di saat perang.
 
"Kekuatan itu satu sistem yang utuh tidak bisa dipisah-pisahkan yakni kekuatan laut yang andal melalui alutsista dan pelautnya, kekuatan udara melalui pesawat tempur, radar, termasuk pilot fighters-nya dan kekuatan darat melalui infanterinya. Dan dalam sebuah sistem pertahanan itu ada Komcad di dalamnya yang tidak bisa dipisahkan," kata Dahnil.
Baca juga: Pengamat sebut pembentukan Komcad dapat tangkal aksi radikalisme
Baca juga: RUU Komponen Cadangan belum perlu

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021