Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video dengan judul "SEMUA FRAKSI DPR DUKUNG LANGKAH MOELDOKO KVDET4 DEMOKRAT" beredar di Youtube pada Kamis (4/2) dan menjadi pembahasan warganet di media sosial lain.

Video milik akun bernama SKEMA POLITIK itu bergulir di tengah isu upaya pengambilalihan paksa kepemimpinan Partai Demokrat yang disebut-sebut melibatkan pihak Istana Kepresidenan.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pun disebut menjadi sosok yang dimaksud melakukan gerakan politik tersebut.

Hingga Kamis (4/2), cuplikan gambar berdurasi delapan menit tersebut telah ditonton 118 ribu pengguna Youtube.

Namun, benarkah semua fraksi di DPR dukung Moeldoko untuk kudeta Partai Demokrat?
 
Hoaks yang menyatakan semua fraksi DPR dukung Moeldoko kudeta Demokrat (Youtube)


Penjelasan:
Penelusuran ANTARA, narasi tentang semua fraksi di DPR mendukung Moeldoko untuk mengudeta Partai Demokrat merupakan informasi salah yang menyesatkan.

Tidak ada satu pun pernyataan resmi dari perwakilan sembilan fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), termasuk Partai Demokrat, yang membenarkan narasi dukungan tersebut.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dalam berita ANTARA, juga telah membantah isu tentang dirinya yang hendak merebut kekuasaan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Partai Demokrat.

Menurut Moeldoko, seluruh partai memiliki Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang di dalamnya terdapat peraturan mengenai kondisi internal partai tersebut. 

Moeldoko mengatakan sosok di luar partai seharusnya tidak memiliki kewenangan untuk mencampuri urusan internal lembaga politik tersebut karena tiap partai punya AD/ART.

Klaim: Semua fraksi DPR dukung Moeldoko kudeta Demokrat
Rating: Salah/Hoaks

Baca juga: Mensesneg: Presiden tidak akan membalas surat AHY

Baca juga: Moeldoko tanggapi isu dirinya didorong sebagai capres Demokrat 2024

Baca juga: AHY sebut ada gerakan pengambilalihan paksa pimpinan Demokrat

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2021