E-Sport

Dinilai berkembang, platform esports MPL dapatkan suntikan dana baru

Dinilai berkembang, platform esports MPL dapatkan suntikan dana baru

Ilustrasi game esports Mobile Premier League (MPL) Indonesia. HO/MPL

Komunitas esports saat ini sedang berkembang pesat, dan kami percaya bahwa ini waktu yang tepat untuk memperkenalkan games yang dibuat di India dan Indonesia ke dunia...
Jakarta (ANTARA) - Platform esports dan mobile gaming Mobile Premier League (MPL) dinilai terus berkembang dan dampaknya mendapatkan suntikan dana baru senilai 95 juta dolar AS dari berbagai perusahaan dengan salah satu sasarannya membantu gamers untuk unjuk kemampuan.

"Seiring dengan berkembangnya eksistensi dan ekspansi kami, pendanaan baru ini akan membantu kami fokus kepada value proposition utama kami yaitu sebagai platform game yang kuat dengan menghadirkan fitur terbaik bagi para gamer, dan menambahkan permainan esports terbaik ke dalam MPL," kata Co-Founder dan CEO MPL Sai Srinivas dalam keterangan resminya Kamis.

"Komunitas esports saat ini sedang berkembang pesat, dan kami percaya bahwa ini waktu yang tepat untuk memperkenalkan games yang dibuat di India dan Indonesia ke dunia serta membantu para gamers untuk menunjukkan kemampuannya," katanya menambahkan.

Baca juga: Mobile Legends: Bang Bang rajai industri esports sepanjang 2020

Platform game MPL yang kini bernilai 945 juta dolar AS telah dimainkan lebih dari 60 juta pengguna di India dan lebih dari 3,5 juta pengguna di Indonesia. Dengan lebih dari 50 game yang terbagi dalam beberapa kategori untuk Android dan iOS (hanya tersedia di India), di mana lebih dari 28 game developer telah bekerjasama dengan MPL.

Suntikan dana baru ini, kata Sai sedianya akan digunakan MPL untuk memperluas portofolio game esports dan juga akan menyelenggarakan lebih banyak turnamen esports berskala nasional maupun internasional. Dana tersebut juga akan digunakan MPL untuk melakukan ekspansi internasional tahun ini.

Pemberlakuan lockdown di beberapa negara pada 2020 yang dipicu oleh pandemi, memberikan peluang bagi industri esports untuk berkembang dengan pesat di dunia dan terutama di Asia.

Melalui partisipasi MPL dalam Piala Presiden esports di awal 2020, untuk kategori casual gaming MPL berhasil mengumpulkan lebih dari 50,000 orang partisipan dari kalangan remaja sampai dengan dewasa yang tersebar secara nasional. MPL juga menyediakan hadiah sejumlah Rp 225.000.000 untuk pemenangnya.

“Kami senang dapat bermitra dengan tim MPL dan mendukung terus pertumbuhan MPL. Sebagai pemimpin industri di dalam market gaming, kami percaya bahwa MPL akan terus berinovasi dan terus mendorong dunia esports,” kata Managing Director, Composite Capital, Kanush Chaudhary.

Baca juga: Esports dinilai bisa jadi solusi kegiatan liburan akhir tahun
Baca juga: MPL tunjuk bos baru untuk kembangkan pasar di Indonesia

 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PB Esports resmi dibentuk

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar