Kemarin, peniadaan UN hingga vaksinasi massal COVID-19

Kemarin, peniadaan UN hingga vaksinasi massal COVID-19

Ilustrasi - Siswa tunanetra mengikuti ujian akhir semester (UAS) tingkat Sekolah Dasar di Sekolah Luar Biasa (SLB-A) Yapti Makassar, Sulsel, Senin (19/5). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ss/ama/pri.

Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita humaniora kemarin, Kamis, (4/2), yang menarik perhatian pembaca dan layak untuk dibaca pagi ini, di antaranya peniadaan Ujian Nasional (UN), dan pembahasan pemotongan insentif tenaga kesehatan yang menangani COVID-19.

Ada juga berita tentang surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri mengenai penggunaan seragam dan atribut di lingkungan sekolah negeri, dan vaksinasi massal COVID-19.

Nadiem terbitkan surat edaran peniadaan UN dan ujian kesetaraan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menerbitkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Surat edaran tersebut diterbitkan Mendikbud di Jakarta pada 1 Februari 2021.

Baca berita: di sini

Presiden Jokowi ingin ada lanjutan vaksinasi massal

Presiden Jokowi ingin ada vaksinasi massal COVID-19 lanjutan, seperti yang diselenggarakan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Ya (vaksinasi) berjalan dengan baik, tapi masih dilakukan di rumah, di puskesmas-puskesmas, nanti juga akan kita lakukan seperti yang hari ini dilakukan di Gelora Senayan dalam jumlah massal, sehingga mempercepat proses vaksinasi," kata Presiden Joko Widodo di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Cek berita: di sini

LTMPT buka kembali masa registrasi akun

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kembali membuka masa registrasi akun untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang memenuhi syarat (eligible) untuk mendaftar SNMPTN, tetapi belum melakukan registrasi akun.

“Siswa yang eligible daftar SNMPTN bisa melakukan registrasi pada tanggal 7 Februari hingga 23 Februari 2021 pukul 15.00 WIB,” ujar Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih, saat dihubungi dari Jakarta, Kamis.

Cek berita: di sini

Satgas: Rencana pemotongan insentif tenaga kesehatan masih dibahas

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah masih membahas rencana pemotongan insentif bagi tenaga kesehatan, belum membuat keputusan final mengenai hal itu.

"Terkait dengan pengurangan insentif bagi nakes, hal ini masih dibahas oleh Menteri Kesehatan dan Menteri Keuangan," kata Wiku saat menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Kamis.

Simak berita: di sini

Kemendikbud: SKB soal seragam sekolah tidak mengurangi hak beragama

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jumeri menegaskan bahwa surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri mengenai penggunaan seragam dan atribut di lingkungan sekolah negeri sama sekali tidak mengurangi hak beragama.

"Ini tidak mengebiri atau mengurangi hak-hak agama manapun, tetapi justru meluruskan agar hak-hak itu bisa dijamin," katanya dalam acara diskusi yang digelar virtual di Jakarta, Kamis.

Cek berita: di sini

Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 11.641, jadi 917.306 orang

Data yang dikumpulkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 pada Kamis ini memperlihatkan pasien sembuh bertambah 11.641 orang, menjadi total 917.306 pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh.

Terjadi juga penambahan 11.434 kasus baru dan 231 orang meninggal karena COVID-19, menurut data yang dikumpulkan sejak Rabu (3/2) siang. Dengan adanya tambahan itu maka total terdapat 1.123.105 kasus di Indonesia dan 31.001 orang meninggal karena COVID-19 sejak kasus pertama ditemukan di Indonesia pada Maret 2020.

Baca berita: di sini

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar