Jakarta (ANTARA) - Membangun otot sebenarnya dapat membantu menurunkan berat badan karena laju metabolisme meningkat dan lebih banyak kalori terbakar bahkan saat Anda beristirahat.

Ahli bedah bariatrik sekaligus direktur medis MemorialCare Surgical Weight Loss Center, Orange Coast Medical Center, Fountain Valley, California, Mir Ali, mengatakan, otot tidak lebih berat dari lemak. Perbedaannya terletak pada kepadatannya. Otot lebih padat daripada lemak.

Ini berarti karena kepadatannya, satu pon otot akan memakan lebih sedikit ruang daripada satu pon lemak.

Jadi, Anda akan memiliki berat yang sama jika Anda mendapatkan satu pon otot atau satu pon lemak, tetapi satu pon otot akan membuat Anda tampak lebih ramping dan itu akan jauh lebih sehat untuk tubuh Anda.

"Jika Anda membangun banyak otot, maka ini tidak mengganggu organ Anda. Sedangkan jika Anda menyimpan banyak lemak, itu bisa lebih terlihat serta menumpuk di organ di dalam perut, "kata Ali seperti dilansir dari Insider, Jumat.

Baca juga: Cara hitung jumlah kalori terbakar usai 10 ribu langkah per hari

Baca juga: Mengenal diet GM, klaim turunkan hingga 6,8kg dalam tujuh hari


Dari sisi fungsi, otot dan lemak memiliki fungsi berbeda untuk tubuh Anda. Otot membantu tubuh Anda bergerak. Memiliki otot sangat bermanfaat karena membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan membantu pemeliharaan tulang dan organ lain di dalam tubuh.

Selain itu, otot memengaruhi metabolisme Anda. Ali mengatakan otot memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi daripada lemak, jadi semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang Anda bakar, bahkan saat Anda sedang istirahat.

Rasio berapa banyak kalori yang dibakar oleh satu pon otot versus satu pon lemak hampir dua banding satu.

Lemak berfungsi sebagai cadangan bahan bakar di tubuh Anda, yang artinya akan membuat tubuh tetap hangat dan membantu melindungi organ Anda.

Namun, ada risiko terlalu banyak lemak. Ali mengatakan, lemak berlebih dapat menumpuk di organ yang dapat berdampak negatif pada fungsinya, juga meningkatkan risiko Anda penyakit jantung dan diabetes.

Pengukuran seperti persentase lemak tubuh bisa menjadi indikator yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Untuk membangun dan mempertahankan massa otot dapat dilakukan dengan memasukkan beberapa perubahan pola makan sederhana dan rutinitas olahraga ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Menurut Ali, berikut beberapa tips membangun otot secara efektif:

1. Lakukan latihan ketahanan dengan beban tubuh Anda sendiri, seperti push-up dan pull-up

2. Lakukan latihan kekuatan dengan beban bebas atau alat angkat beban

3. Jangan hanya mengandalkan kardio seperti lari untuk membangun otot

4. Masukkan makanan berprotein tinggi ke dalam diet Anda

5. Kurangi asupan karbohidrat untuk memaksa tubuh Anda membakar lemak

Baca juga: 10.000 langkah per hari tak bantu turunkan berat badan

Baca juga: Manfaat susu almond, turunkan berat badan hinggah cegah Alzheimer

Baca juga: Penelitian sebut kacang pistachio bantu turunkan berat badan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021