"Tidak ada daerah yang mampu menekan penyebaran COVID-19 tanpa disiplin dalam menjalani protokol kesehatan," katanya.
Belitung,Babel (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan protokol kesehatan menjadi kunci memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak COVID-19.

"Jika kita ingin pariwisata kita bangkit dan ekonomi kreatif kita pulih maka harus patuh dengan protokol kesehatan," katanya di Tanjung Pandan, Belitung, Jumat, di sela kunjungan kerja di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka meninjau pemulihan kondisi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah itu.

"Saya akan ulang-ulangi ini (protokol kesehatan ) walaupun sampai berbusa mulut saya yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," ujarnya.

Selain itu, katanya, upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 adalah dengan melakukan "testing" (pemeriksaan) "tracing" (penelusuran) dan "treatment" (perawatan).

"Tidak ada daerah yang mampu menekan penyebaran COVID-19 tanpa disiplin dalam menjalani protokol kesehatan," katanya.

Ia mengapresiasi Belitung yang kondisi penyebaran COVID-19 cukup rendah sehingga kondisi tersebut harus tetap dipertahankan demi kemajuan pariwisata setempat.

"Alhamdulillah Belitung ini alamnya indah dan COVID-19-nya rendah ini patut kita syukuri namun jangan lengah," ujarnya.

Ia menjelaskan kunjungan kerjanya ke Belitung sekaligus mendukung para pelaku ekonomi kreatif di daerah itu agar mampu bersaing di era digitalisasi.

"Kami juga akan berkunjung ke hutan sosial atau hutan kemasyarakatan dan Bukit Peramun kami juga akan meluncurukan pariwisata berbasis kelestarian alam yaitu hutan sosial dan geopark," katanya.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021